Masa Bulan Madu Leeds United dengan Marcelo Bielsa

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Seperti sudah diduga sebelumnya, Marcelo Bielsa membuat gebrakan di Divisi Championship bersama Leeds United. Pelatih eksentrik dari Argentina ini membawa The Whites bertengger di puncak klasemen Championship dengan koleksi 13 poin. Dari 5 laga, Leeds berhasil menang 4 kali dan imbang sekali atas Swansea City.

Tak hanya memuncaki klasemen sementara, Leeds dan Bielsa juga menjadi tim tertajam di liga. Total, mereka sudah mencetak 14 gol dari 5 laga dan hanya kebobolan 4 gol saja. Seperti biasa, dengan frasa populer seperti yang pernah dikisahkan Juan Simon: bermain seperti traktor, seperti itulah Leeds United bermain di bawah asuhan Bielsa.

Juan Simon, seperti testimoninya di buku Angel with The Dirty Faces karya Jonathan Wilson, eks pemain Boca Juniors itu menggambarkan bagaimana tim Bielsa bekerja. 30 tahun lalu, pelatih yang diagungkan oleh Pep Guardiola ini membangun tim hebat bersama Newell’s Old Boys. Tim yang sama yang juga dihuni Mauricio Pochettino, manajer Tottenham Hotspur sekarang.

“Newell’s saat itu seperti traktor yang siap menggilas siapapun lawannya. Setelah pertandingan melawan mereka selesai, kamu akan merasa sangat menderita. Kamu kembali ke ruang ganti dan merasa bahwa kamu akan pingsan karena telah berlarian sepanjang laga tanpa berhenti,” ujar Simon mengenang kehebatan Newell’s asuhan Bielsa.

 

Leeds yang Seperti Mesin Tempur

Leeds dan semua tim Bielsa memang bermain dengan cara seperti itu. Seperti traktor, tiada henti bekerja dengan sistem yang berjalan laiknya mesin. Tim-tim asuhan Bielsa selalu berlari, berlari, berlari, dan berlari. Mereka berlari untuk merebut bola. Berlari untuk membuka ruang. Berlari untuk memberi umpan, hingga berlari untuk mencetak gol dan menang.

Di bawah Bielsa, Leeds dan pemain-pemain kelas dua mereka bermain laiknya pemain kelas dunia. Barry Douglas, Pablo Hernandez, hingga Gjanni Alioski adalah nama-nama yang andai konsisten, tak lama lagi akan meramaikan bursa transfer di Inggris. Dan memang sehebat itulah performa Leeds United saat ini.

“Leeds bermain di level tertinggi dan kalian bisa lihat sendiri kenapa mereka ada di puncak klasemen serta belum terkalahkan. Untuk sekarang, mereka 100% tim terbaik di Championship saat ini,” ujar Daniel Farke, manajer Norwich City, yang akhir pekan kemarin ditaklukkan 0-3 oleh Leeds.

Jalan masih panjang, memang. Championship masih menyisakan 41 laga lagi sebelum akhirnya kita tahu ke mana Bielsa dan Leeds akan berada di akhir musim. Tapi dengan total 5 kemenangan dari 6 laga (termasuk kemenangan 2-1 atas Bolton di Piala Liga), tidak sulit rasanya melihat Leeds United promosi dan kembali ke Premier League.