Legenda Bayern Munich Dijagokan untuk Gantikan Joachim Loew

Football5Star.com, Indonesia – Siapakah yang pantas menggantikan Joachim Loew sebagai pelatih timnas Jerman? Biasanya jawaban yang muncul adalah Juergen Klopp atau Hansi Flick. Namun, Mehmet Scholl, eks playmaker Bayern Munich, justru menunjuk Lothar Matthaeus.

Scholl menilai Matthaeus punya kapasitas dan kapabilitas untuk jadi pelatih timnas Jerman. Salah satu rujukannya adalah ulasan-ulasan tepat yang dibuat pemegang caps terbanyak Die Mannschaft yang juga legenda Bayern Munich itu sebagai analis di salah satu stasiun televisi.

“Anda bisa mendengarkan ulasan Lothar di televisi dan dia selalu benar. Dari yang saya dengar dari para mantan pemainnya, dia itu pelatih hebat. Dia tampil 150 kali di pertandingan internasional. Dia tahu segalanya tentang sepak bola,” urai Mehmet Scholl seperti dikutip Football5Star.com dari Sportbuzzer.

br.de

Scholl tahu persis Matthaeus tak punya rekor apik sebagai pelatih. Kapten timnas Jerman saat juara Piala Dunia 1990 itu pun sudah lama meninggalkan dunia kepelatihan. Namun, Scholl menilai seniornya saat di Bayern itu bisa sukses sebagai pengganti Loew.

“Setelah kariernya, beberapa hal memang tak berjalan baik. Namun, dia sudah mendapatkan ketenangan dalam hidupnya saat ini. Dia punya pengetahuan, ketenangan, dan pengalaman. Dia akan dapat menggunakan itu semua,” ujar Scholl.

Matthaeus Tak Incar Posisi Loew

Mehmet Scholl sebetulnya bukan orang pertama yang menjagokan Lothar Matthaeus untuk menggantikan Joachim Loew di timnas Jerman. Sebelumnya, Armin Veh yang membawa VfB Stuttgart juara Bundesliga 2006-07 juga terlebih dahulu mengangkat nama legenda Bayern tersebut.

Lalu, bagaimana tanggapan Mattaheus soal usulan Scholl dan Veh untuk menjadi pengganti Loew? Dia menegaskan tak berminat. Bukan hanya tak berminat menangani timnas Jerman. Dia bahkan tak berminat kembali menekuni pekerjaan sebagai pelatih.

spox.com

“Saya betul-betul sudah punya rencana berbeda dan sudah memperpanjang kontrak dengan Sky hingga dua tahun ke depan,” kata Matthaeus menutup kemungkinan jadi pengganti Loew. “Tentu saja saya tertarik pada sepak bola dan timnas. Namun, saya bahagia dengan kehidupan saya saat ini.”

Lebih lanjut, Matthaeus mengatakan, “Tekanan yang ada lebih sedikit. Tentu saja, ada tuntutan menyangkut performa. Namun, sebagai pelatih timnas, Anda akan menghadapi 80 juta kritik. Saya tak mau itu.”

Lothar Matthaeus menilai ada sosok-sosok lain yang lebih pantas untuk jadi pengganti Joachim Loew pada saatnya nanti. “Biarkanlah Jogi bekerja. Setelah itu, akan ada orang lain yang mungkin dapat bekerja lebih baik lagi,” ujar dia.

Joachim LoewLothar MatthaeusMehmet SchollTimnas Jerman