Legenda: Gheorghe Hagi, Persembahan Terbaik Rumania

Football5star.com, Indonesia – Seluruh penggemar sepak bola di dekade 1990-an pasti mengenal nama Gheorghe Hagi. Hal tersebut tak lepas dari berbagai prestasi yang berhasil ia torehkan di level klub maupun internasional.

Gheorghe Hagi seringkali disebut sebagai pemain terbaik dari Rumania. Melebihi status legendaris yang dimiliki oleh Adrian Mutu, Gheorge Popercu ataupun Dan Petrescu dan Cristian Chivu.

Berposisi sebagai gelandang serang, gaya bermain Hagi yang cukup eksplosif kerap kali membuatnya dibandingkan dengan sosok Diego Maradona. Hal itu tak lepas dari samanya posisi kedua pemain serta karakter keduanya yang sedikit tempramental dan kemampuan mereka memimpin tim di atas lapangan.

SEMPAT MENJADI JUDAS DI SPANYOL

Gheorghe Hagi mengawali karier sepak bolanya bersama Farul Constanta dan Lucearaful Bucuresti. Pada usia yang ke-18 tahun, Hagi memutuskan untuk hengkang ke Sportul Studentesc yang berbasis di ibu kota Rumania, Bucharest.

Penampilan brilian Hagi bersama Sportul Studentesc membuat klub kebanggaan Rumania, Steaua Bucharest memutuskan untuk meminangnya pada tahun 1987. Selama tiga tahun bermain untuk Steaua, Hagi berhasil mengoleksi 76 gol dari 97 penampilannya di Liga Rumania. Selain itu, ia juga berhasil membawa Steaua melaju ke babak semifinal Piala Champions pada tahun 1988 dan ke final di tahun berikutnya.

Catatan gemilang itu membuat klub-klub raksasa Eropa mulai melakukan perburuan untuk mendapatkan tanda tangan Hagi. Ia pun akhirnya memutuskan untuk hijrah ke Spanyol dan bermain untuk Real Madrid pada tahun 1990.

Comments
Loading...