Legenda: Mengenal Luis Suarez Pertama di Barcelona

Football5star.com, Indonesia – Nama Luis Suarez mungkin identik dengan bomber asal Uruguay yang dimiliki oleh Barcelona. Namun, ia bukanlah sosok Luis Suarez pertama yang pernah membela panji Azulgrana. Di dekade 1950-an, Barcelona juga memiliki pemain legendaris bernama Luis Suarez.

AWAL KARIER

Luis Suarez Miramontes lahir di A Coruna, Galicia, Spanyol pada tanggal 2 Mei 1935. Bakat besarnya di dunia sepak bola sudah mulai tercium ketika ia masih berusia muda. Suarez mengawali kariernya di dunia sepak bola bersama klub asal kampung halamannya, Deportivo La Coruna pada tahun 1949.

Setelah empat tahun menimba ilmu di akademi Deportivo, Suarez akhirnya mendapatkan kesempatan untuk tampil di tim utama. Namun, laga debutnya tak berakhir dengan manis. Karena, Deportivo harus menelan kekalahan telak dari Barcelona dengan skor 1-6.

Suarez pun hanya bertahan selama satu musim di Deportivo. Pada tahun 1954, ia memutuskan untuk hijrah ke Barcelona. Namun, ia harus menghabiskan musim 1954-1955 bersama tim cadangan Barcelona yang berkompetisi di divisi dua Liga Spanyol.

BARCELONA

Di musim 1955-56, Suarez pun berhasil menjadi bagian dari tim utama Barcelona. Ia menjadi salah satu bintang Azulgrana yang ketika itu dihuni oleh pemain-pemain legendaris seperti Laszlo Kubala, Zoltan Czibor, dan Sandor Kocsis.

Tak hanya itu, Suarez juga bermain di bawah arahan pelatih bertangan dingin, Helenio Herrera. Kombinasi keduanya pun membuat Azulgrana menjadi salah satu tim yang disegani di Spanyol dan menjadi pesaing terberat Real Madrid yang kala itu menjadi klub dominan di negeri Matador.

Legenda - Luis Suarez - Barcelona - Barca Buzz
Daily Mail

Kegemilangan Suarez berhasil membawa Barcelona merengkuh gelar LaLiga dan Copa del Rey di tahun 1959. Setahun berselang, ia mampu membawa Barcelona meraih gelar LaLiga dan Inter-Citiez Fairs Cup. Pencapaian spesial ini pun membuat Suarez berhak meraih gelar Ballon d’Or di tahun 1960.

Selama lima tahun membela panji Barcelona, Suarez berhasil mempersembahkan dua gelar LaLiga (1958-59, 1959-60), dua Copa del Rey (1957, 1959) serta satu Inter-Cities Fairs Cup (1960). Selain itu, ia juga mampu mencetak 61 gol dari 122 penampilannya di ajang LaLiga.

LA GRANDE INTER

Setelah lima tahun bermain di Barcelona, Suarez memutuskan untuk mengikuti langkah Helenio Herrera ke Inter Milan. Demi mendaratkan Suarez, Nerazurri harus mengucurkan dana sebesar 142.000 Poundsterling. Angka tersebut membuat Suarez sempat memegang rekor sebagai pemain termahal di dunia.

Sama seperti di Barcelona, Suarez dan Herrera juga sukes membawa Inter Milan meraih kesukesan. Kombinasi keduanya sukses membawa Inter meraih tiga gelar Serie A (1962-63, 1964-65, dan 1965-66), dua Piala Champions (1963-64 dan 1964-65) serta dua trofi Piala Interkontinental (1964 dan 1965). Raihan ini membuat skuat Nerazzurri ketika itu mendapatkan julukan La Grande Inter.

Legenda - Luis Suarez - Barcelona - Calciopedia
Calciopedia

Pencapaian tersebut membuat Suarez menjadi salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki oleh Inter Milan. Selama sembilan tahun bermain di San Siro, Suarez berhasil mencetak 42 gol dari total 256 penampilannya di kompetisi Italia.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More