Sandor Kocsis: Orang Eropa Tertajam Ketiga Sepanjang Sejarah

Football5star.com, Indonesia – Nama Sandor Kocsis mungkin memang tak setenar Ferenc Puskas. Tapi, kontribusinya kepada timnas Hungaria dan dunia sepak bola secara keseluruhan tak bisa dipandang sebelah mata.

Kocsis merupakan bagian penting dari skuat timnas Hungaria di era 1950an. Duetnya bersama Puskas di lini depan membuat The Mighty Magyars menjadi salah satu tim yang disegani hingga kini.

AWAL KARIER PROFESIONAL

Sandor Kocsis lahir di Budapest, Hungaria, pada tahun 1929. Ia mengawali karier sepak bola profesionalnya bersama Kobanyai TC pada tahun 1945. Setahun berselang, ia memutuskan untuk hengkang ke klub besar Hungaria, Ferencvaros.

Di Ferencvaros, bakat besar milik Kocsis sudah mulai terlihat. Selama empat musim, ia berhasil menyumbangkan 40 gol dari 59 penampilannya untuk Ferencvaros. Tak hanya itu, ia juga berhasil membawa Fradi meraih satu gelar Liga Hungaria pada tahun 1949.

Sandor Kocsis - Hungaria - Hungary Today
Hungary Today

Di tahun 1950, Kocsis resmi menjadi bagian dari Tentara Nasional Hungaria. Ia pun hengkang ke klub milik angkatan bersenjata Hungaria, Honved. Di sana, ia mulai mengenal nama-nama besar seperti Ferenc Puskas, Zoltan Czibor, dan Joszef Bozsik.

Dimotori oleh Kocsis dan bakat-bakat terbaik Hungaria, Honved mampu tampil dominan di kompetisi lokal. Mereka berhasil meraih tiga gelar Liga Hungaria pada tahun 1952, 1954, dan 1955.

Tak hanya itu, Kocsis juga berhasil mencatatkan namanya di dalam buku sejarah sepak bola Hungaria. Ia berhasil menjadi top skorer dalam tiga kesempatan di tahun 1951 (30 gol), 1952 (36 gol), dan 1954 (33 gol).

Selama tujuh tahun membela Honved, ia berhasil menyumbangkan 153 gol dari 145 penampilannya di semua kompetisi. Ia juga berhasil menjadi pemain andalan timnas Hungaria yang ketika itu ditakuti di Eropa.

Comments
Loading...