Sandor Kocsis: Orang Eropa Tertajam Ketiga Sepanjang Sejarah

TIMNAS HUNGARIA

Nama Sandor Kocsis mungkin tak akan dikenal andai timnas Hungaria tak tampil dominan di era 1950an. Kocsis, Puskas, Czibor, Bozsik, dan Nandor Hidegkuti menjadi kuartet penyerang yang sangat disegani ketika itu.

Bagaimana tidak. Kombinasi keempat pemain tersebut plus tangan dingin pelatih Gusztav Sebes berhasil membawa Hungaria hanya menelan satu kekalahan dari 50 pertandingan pada periode 1950-1956.

Kocsis mendapatkan cap pertamanya bersama timnas Hungaria ketika ia masih berusia 19 tahun pada tahun 1948. Pada partai debutnya, Kocsis berhasil mencetak brace. Setahun berselang, Kocsis berhasil mencetak hat-trick pertamanya untuk Hungaria pada partai melawan Swedia. 

Pada tahun 1952, penampilan menggila Kocsis berhasil membawa Hungaria meraih medali emas dalam cabang sepak bola di Olimpiade Helsinki. Dalam turnamen tersebut, ia sukses mencetak enam gol. Hanya terpaut satu gol dari bintang Yugoslavia, Branko Zebec yang menggondol gelar top skorer.

Pinterest

Dua tahun berselang, Kocsis dan Hungaria berhasil melanjutkan penampilan apik mereka di ajang Piala Dunia 1954. Mereka tergabung di grup 2 bersama Jerman Barat, Korea Selatan dan Turki. Dari dua partai di fase grup, mereka berhasil mencatatkan rekor 100% dan mampu mencetak 17 gol. Tujuh diantaranya dicetak oleh Kocsis.

Di fase gugur, penampilan mereka gemilang mereka terus berlanjut. Puskas dkk berhasil mengalahkan Brasil dengan skor 4-2. Pada partai tersebut Kocsis mampu mencetak dua gol. 

Setelahnya giliran Uruguay yang merasakan ketajaman The Mighty Magyars. Mereka berhasil meraih kemenangan lagi-lagi dengan skor 4-2. Kocsis pun berhasil menambah dua gol.

Di partai final, mereka bertemu dengan tim non unggulan, Jerman Barat. Tampil sebagai tim unggulan, Hungaria awalnya mampu mendominasi jalannya permainan. Namun, pada akhirnya, Jerman berhasil meraih kemenangan dengan skor akhir 3-2. Partai ini pun mendapatkan julukan The Miracle of Bern. Kocsis pun berhak mendapatkan gelar top skorer dengan catatan 11 gol.

Karier internasional Kocsis terhenti pada tahun 1957 setelah terjadinya Revolusi Hungariia. Selama sembilan tahun bermain di level internasional, Kocsis berhasil mencetak 75 gol dari 68 penampilan.

Comments
Loading...