Legenda Singapura Yakin Pemain Asia Tenggara Akan Ikuti Jejak Egy dan Witan

Football5star.com, Indonesia – Mantan pelatih Pelita Jaya yang juga legenda sepak bola Singpura, Fandi Ahmad memiliki keyakinan bahwa dalam beberapa tahun ke depan akan banyak pemain dari Asia Tenggara yang bermain di kompetisi Eropa.

“Sampai hari ini, para pemain Asia masih berusaha untuk masuk ke Eropa dan masih belum banyak pesepak bola ASEAN yang berhasil di sana. Tetapi saya ingin mendorong mereka untuk meyakini perkataan bahwa cara terbaik untuk memprediksi masa depan adalah dengan menciptakannya,” ucap Fandi Ahmad seperti dikutip Football5star.com dari The Straits Times, Jumat (10/7/2020).

Fandi sendiri adalah salah satu pemain Asia Tenggara yang di era 80-an sempat menjajal peruntungan dengan merantau ke Ajax Amsterdam. Sayangnya saat itu, Fandi menolak tawaran kontrak tiga tahun dari Ajax. Ia malah memilih ke Groningen.

Sayangnya masalah izin kerja pada akhirnya membuat Fandi Ahmad tak memiliki banyak karier di Liga Belanda. Baru-baru ini, Fandi sendiri diminta oleh AFC sebagai pemain dari Asia yang memilih pemain terbaik Eredivisie musim ini.

“Karier Fandi Ahmad di sepak bola Belanda tidak sepanjang pemain lain dalam daftar kami, tetapi prestasinya sebagai pemain Singpuara di kompetisi Eropa akan selalu diingat sampai hari ini,” tulis pernyataan AFC.

Setelah era Fandi Ahmad dan Kurniawan Dwi Yulianto di 90-an, pemain dari Asia Tenggara memang cukup sulit untuk bisa bergabung ke klub Eropa. Pada 2001, pemain Malaysia, Rudie Ramli sempat bergabung ke klub Jerman, SV Wehen.

Saat ini, dua nama pemain muda Indonesia, Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri mencoba peruntungan di kompetisi Eropa Timur. Witan bergabung di FK Radnik sedangkan Egy bermain untuk Lechia Gdansk.

Selain dua pemain Indonesia tersebut, pemain Singapura, Ikhsan Fandi juga tercatat menjadi pemain di Liga Norwegia bersama Raufoss IL. Lalu ada nama pemain Vietnam, Doan Van Hau yang membela SC Heerenveen.

Egy Maulana VikryFandi AhmadinternasionalWitan Sulaeman