Legenda Thailand Terkejut Lihat Perkembangan Pesat Vietnam

Football5Star.com, Indonesia – Sepak bola Vietnam menunjukkan perkembangan pesat dalam dua tahun terakhir. Kesuksesan merebut gelar juara Piala AFF 2018 dan medali emas SEA Games 2019 adalah buktinya. Hal itu membuat Kiatisuk Senamuang, legenda Thailand, terkaget-kaget.

Kiatisuk Senamuang telah lama mengamati geliat sepak bola Vietnam. Dia menangarai negeri itu akan jadi rival berat Thailand. Namun, dia memperkirakan masih cukup lama kedua negara akan benar-benar sejajar.

“Saya tak terkejut oleh kesuksesan timnas U-23 Vietnam karena mereka memang telah mempersiapkan ini selama 10 tahun. Saya harus menyampaikan selamat kepada mereka. Namun, saya tak menyangka Vietnam meraih sukses demikian cepat,” kata Kiatisuk Senamuang seperti dikutip Football5Star.com dari Zing.vn.

Vietnam mengemuka di Asia Tenggara dengan menjuarai Piala AFF 2018 dan SEA Games 2019 bersama pelatih Park Hang-seo.
zing.vn

Lebih lanjut, pria yang sempat meraih medali emas SEA Games sebagai pemain dan pelatih itu menambahkan, “Saat masih melatih (Thailand), saya pikir Vietnam butuh 10 tahun untuk seperti sekarang. Namun, hanya enam atau 7 tahun kemudian, mereka memenangi Piala AFF dan SEA Games.”

Sebelum meraih medali emas SEA Games 2019 yang memungkasi penantian enam dekade, Vietnam memang menjuarai Piala AFF 2018. Pada laga final kala itu, mereka menang agregat 3-2 atas Malaysia. Dua keseuksesan itu sama-sama diraih bersama pelatih Park Hang-seo.

Pengakuan Kiatisuk Senamuang tersebut tentu saja jadi peringatan bagi negara-negara lain di Asia Tenggara. Tak terkecuali Indonesia yang mampu menembus final SEA Games 2019 dengan penampilan apik. Indonesia tak dapat lagi hanya menjadikan Thailand sebagai tolok ukur di Asia Tenggara.