Leicester Bisa seperti Sekarang Karena Jasa Orang Ini

Claudio Ranieri boleh disebut sebagai sosok penting dalam laju luar biasa Leicester City musim ini. Meski demikian, eks manajernya, Nigel Pearson, tetap memegang peranan penting hingga The Foxes seperti sekarang.

Tak ada yang menduga-duga tentunya ketika musim 2015-16 berjalan 25 pekan, Leicester-lah yang ada di puncak klasemen bukan tim-tim langganan macam Manchester City, Arsenal, Manchester United, Chelsea, atau Liverpool.

Hanya dua kali kalah sepanjang musim ini, Leicester kini memimpin dengan 53 poin. Mereka unggul lima angka dari Tottenham Hotspur dan Arsenal di posisi kedua serta ketiga, dan enam angka dari City di posisi keempat.

Selain karena racikan jitu Ranieri, yang baru ditunjuk jadi manajer musim ini, pencapaian Leicester saat ini juga berkat performa hebat dua bintangnya Jamie Vardy dan Riyad Mahrez. Vardy menciptakan 18 gol yang membuatnya jadi top skorer sementara Premier League, sementara Mahrez punya 14 gol dan 10 assist.

Namun performa hebat para pemain Leicester saat ini yang memudahkan kerja Ranieri tak akan bisa terwujud tanpa jasa Pearson, eks manajer Si Rubah yang dipecat di sesi pramusim lalu.

Pearson adalah sosok yang membawa Leicester bisa promosi ke Premier League setelah bertahun-tahun absen, dan meloloskan mereka dari jeratan degradasi setelah hampir sepanjang musim ada di dasar klasemen.

“Nigel sangat baik padaku,” ujar Mahrez seperti dikutip Soccerway.

“Dia tahu bahwa aku tidak begitu lancar berbahasa Inggris ketika pertama datang ke sini, jadi dia berbicara pelan-pelan kepadaku dan dia coba mengajariku hal-hal yang bagus di sini,” sambungnya.

“Awalnya terasa sulit tapi semuanya kini baik-baik saja. Apakah dia pantas mendapat kredit atas pencapaian kami saat ini? Ya, tentu saja.”

“Dia membawa seluruh pemain ke dalam tim, mungkin tak semuanya. Bahkan jika kami hanya finis posisi keenam atau ketujuh musim ini, dia pantas mendapatkan pujian karena dia yang membangun tim ini.”

“Sayang saja dia kurang beruntung tak bisa bertahan lama,” tutupnya.

Comments
Loading...