Leipzig Sesalkan Wasit Zwayer yang Tak Berikan Dua Penalti

Football5Star.com, Indonesia – Kubu RasenBallsport (RB) Leipzig meradang usai disingkirkan Bayern Munich di Putaran II DFB Pokal, Kamis (26/10/2017) dinihari WIB. Mereka menyesalkan putusan wasit Felix Zwayer yang tak memberikan penalti pada babak pertama ketika Emil Forsberg diganjal Arturo Vidal.

“Wasit berada 4 meter dari bola, tapi kalah jeli dari orang yang berada 40 meter jauhnya,” rutuk pelatih Leipzig, Ralph Hasenhuettl, kepada ARD usai laga. “Sangat jelas pelanggaran terjadi di dalam kotak penalti.”

Hasenhuettl menambahkan, pihaknya juga mendapat putusan serupa pada babak kedua. “Kami juga seharusnya mendapat penalti pada babak kedua ketika (Jean-Kevin) Augustin dijatuhkan di kotak terlarang,” keluh dia.

Insiden yang paling dikeluhkan belangsung pada menit ke-35. Saat itu, Vidal melakukan tekel terhadap Forsberg yang hendak memasuki kotak penalti. Zwayer sempat mengisyaratkan penalti, tapi lantas berubah pikiran dengan hanya memberikan tendangan bebas.

Forsberg mengaku sangat heran. “Bagiku, itu jelas penalti. Wasit pun pada awalnya berpendapat begitu. Namun, dia lantas mengubah putusannya entah karena apa,” cetus dia.

Ralf Rangnick dan Mats Hummels beradu mulut soal putusan Felix Zwayer.
sportbild.de

Insiden itu ternyata berlanjut saat wasit mengakhiri babak pertama. Ralf Rangnick, Direktur Olahraga Leipzig, berlari ke arah Zwayer sambil memperlihatkan layar handphone-nya. Melihat hal itu, bek Bayern, Mats Hummels meradang. Dia menghampiri Rangnick sehingga adu mulut pun terjadi.

“Aku katakan kepada Tuan Rangnick bahwa menunjukkan video di handphone kepada wasit adalah perbuatan tak sportif. Aku kira hal seperti itu tidaklah diizinkan,” terang Hummels terkait insiden tersebut.

Menariknya, Die Roten Bullen lantas mendapat penalti pada menit ke-66 ketika Jerome Boateng melanggar Yussuf Poulsen. Namun, tayangan video menunjukkan pelanggaran itu dilakukan di luar kotak terlarang.

Hummels sampai mengatakan, wasit memberikan penalti itu hanya karena sebelumnya telah menolak dua permintaan penalti para penggawa Die Roten Bullen.

Bayern akhirnya memenangi pertandingan itu. Setelah imbang 1-1 selama 120 menit, Die Roten menang  5-4 dalam adu tos-tosan. Kiper Sven Ulreich berhasil menggagalkan eksekusi terakhir Die Roten Bullen yang dilakukan Timo Werner.

 

Comments
Loading...