Lengkap! Inilah 4 Tim yang Lolos ke Putaran Final UEFA Nations League

Football5Star.com, Indonesia – Fase grup UEFA Nations League A sudah berakhir. Komposisi empat tim yang akan bersaing pada putaran final UEFA Nations League pun sudah lengkap. Mereka adalah Prancis, Spanyol, Italia, dan Belgia.

Prancis jadi tim pertama yang memastikan lolos ke putaran final UEFA Nations League dengan kemenangan 1-0 atas Portugal pada matchday V. Adapun tiga tim lain baru memastikan lolos pada matchday VI yang berlangsung Rabu-Kamis (18-19/11/2020) WIB.

Italia memastikan lolos ke 4-besar UEFA Nations League dengan kemenangan 2-0 atas Bosnia & Herzegovina. Tambahan tiga poin membuat Gli Azzurri mengoleksi 12 poin. Tim asuhan Roberto Mancini itu unggul 1 poin atas Belanda yang menang 2-1 atas Polandia.

Kepastian Italia lolos dari Grup 1 membuat komposisi peserta babak 4-besar UEFA Nations League musim ini benar-benar berbeda dari musim 2018-19. Belanda menyusul Portugal, Inggris, dan Swiss yang sudah terlebih dahulu dipastikan gagal lolos dari fase grup.

Sementara itu, Belgia dan Spanyol lolos setelah melakoni “final” pada matchday VI. Spanyol secara gemilang mengudeta Jerman dari puncak klasemen dengan kemenangan telak 6-0. Adapun Belgia mengamankan posisi puncak dengan kemenangan 4-2 atas sang pesaing berat, Denmark.

Italia Jadi Tuan Rumah 4-Besar UEFA Nations League

Sebagai juara Grup 1, Italia akan jadi tuan rumah putaran final UEFA Nations League 2020-21. Namun, pengumuman resmi mengenai hal itu baru akan dilakukan pada 3 Desember 2020. Setelah penentuan tuan rumah, nantinya akan dilakukan undian semifinal dan final.

Timnas Belgia akhirnya lolos ke 4-besar UEFA Nations League setelah pada 2018-19 kalah selisih gol dari Swiss.
Getty Images

Satu hal menarik, keempat tim yang lolos ke 4-besar UEFA Nations League musim ini punya satu kesamaan. Pada musim sebelumnya, mereka sama-sama hanya finis sebagai runner-up di grup masing-masing.

Pada UEFA Nations League 2018-19, Prancis finis di belakang Belanda di Grup 1. Sementara itu, Belgia kalah selisih gol dari Swiss yang jadi pemuncak Grup 2. Di Grup 3, Italia kalah 3 poin dari Portugal. Adapun Spanyol di Grup 4 terpaut 1 angka dari Inggris.

Komposisi berbeda yang ada di putaran final kali ini memastikan UEFA Nations League akan memiliki juara baru. Pada 2018-19, gelar juara diraih Portugal setelah menang 1-0 atas Belanda berkat gol tunggal Goncalo Guedes.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More