Lewat Adu Penalti, Inggris Lolos ke Perempat Final

Football5star.com – Laju Inggris di Piala Dunia 2018 dipastikan terus berlanjut. Hal tersebut terjadi usai mereka mengalahkan Kolombia pada babak 16 besar di Spartak Stadium, Rabu (4/7/2018) dini hari WIB, lewat adu penalti 4-3 setelah waktu normal berakhir dengan 1-1.

Pada laga tersebut, Inggris langsung menekan sejak menit awal. Beberapa usaha mereka, yang diciptakan oleh Harry Kane dan Raheem Sterling, bahkan nyaris berbuah gol, andai lebih tenang di kotak penalti lawan.

timnas-inggris-football5star
zimbio.com

Kolombia bukan tanpa peluang. Mengandalkan Johan Mojica, Juan Cuadrado, dan Juan Quintero, mereka terus melepaskan umpan-umpan berbahaya ke dalam kotak penalti. Upaya ketiganya gagal setelah dengan mudah diantisipasi oleh trio bek Inggris.

Pertandingan mulai panas saat memasuki babak kedua. Permainan Inggris yang mulai cair justru coba diatasi oleh Kolombia dengan tekel dan intersep kasar. Belum ada tujuh menit, Santiago Arias bahkan diganjar kartu kuning karena menyikut Kane.

Masalah tersebut pada akhirnya menjadi bumerang bagi Kolombia. Dorongan Carlos Sanchez terhadap Kane didalam kotak penalti pada menit ke-70 membuat wasit menunjuk titik putih. Kane yang menjadi eksekutor pun tak menyia-nyiakan peluang tersebut untuk menjadi gol.

Usai ketinggalan, Kolombia coba bermain lebih menekan. Usaha tersebut membuat Inggris jadi kesulitan. Mereka lantas menunggu di kedalaman dan coba mengandalkan serangan balik untuk memulai tekanan.

Apes bagi Inggris, tekanan yang dilakukan oleh Kolombia di pengujung waktu normal, justru membuahkan hasil. Berawal dari sepak pojok, Yerry Mina mengungguli pemain belakang Inggris untuk melepaskan sundulan ke sisi kanan gawang Jordan Pickford.

Kolombia memulai babak pertama extra time dengan tampil lebih menekan. Satu peluang melalui Radamel Falcao bahkan sempat mereka dapatkan. Buruknya penyelesaian akhir Falcao, membuat skor 1-1 bertahan hingga babak pertama extra time usai.

Di babak kedua extra time, Jamie Vardy gantian nyaris membuat Inggris unggul. Namun, selain  percobaannya tak mengenai sasaran, usahanya gagal usai ia lebih dulu terperangkap dalam posisi offside.

Inggris kembali mendapatkan peluang saat laga memasuki menit ke-112. Menerima umpan Jordan Henderson, Danny Rose lantas melepaskan sepakan ke tiang jauh. Tembakan Rose gagal berbuah gol setelah menyamping tipis dari gawang David Ospina.

Kepastian Inggris untuk lolos akhirnya didapatkan dalam drama adu penalti. Dari lima eksekutor Inggris, hanya Jordan Henderson yang gagal. Sementara itu, dua dari lima eksekutor Kolombia, Mateus Uribe dan Carlos Bacca, gagal melaksanakan tugasnya.

Dengan hasil ini, Inggris dipastikan lolos ke babak perempat final. Mereka dijadwalkan bakal bertemu Swedia, Sabtu (7/7/2018) malam WIB.

Susunan Pemain:

Kolombia (4-3-2-1): 1-David Ospina, 4-Santiago Arias (2-Cristian Zapata 116), 13-Yerry Mina, 23-Davinson Sanchez, 17-Johan Mojica, 5-Wilmar Barrios, 6-Carlos Sanchez (15-Mateus Uribe 79), 16-Jefferson Lerma (7-Carlos Bacca 61), 11-Juan Cuadrado, 20-Juan Quintero (14-Luis Muriel 88), 9-Radamel Falcao
Pelatih: Jose Pekerman

Inggris (3-5-2): 1-Jordan Pickford, 2-Kyle Walker (19-Marcus Rashford 113), 5-John Stones, 6-Harry Maguire, 12-Kieran Trippier, 20-Dele Alli (4-Eric Dier 81), 8-Jordan Henderson, 7-Jesse Lingard, 18-Ashley Young (3-Danny Rose 102), 10-Raheem Sterling (11-Jamie Vardy 88), 9-Harry Kane
Pelatih: Gareth Southgate

K. Kuning: Barrios 41, Arias 52, C. Sanchez 54, Fakcao 63, Bacca 64, Cuadrado 118 – Henderson 56, Lingard 69
K. Merah:


Jangan lupa ikutan kuis Football5star.com. Prediksi skor pertandingan Piala Dunia 2018 dengan kesempatan membawa pulang Mobil Honda Brio, Motor Honda Vario, Motor Honda Beat, dan banyak lagi hadiah menarik. Buruan daftar di kuis.football5star.com

Comments
Loading...