LIB Bakal Tambah Alat Bantu Wasit di Liga 1 2020

Football5Star.com – PT Liga Indonesia Baru (LIB) bakal menambah alat bantu buat wasit di Liga 1 2020. Salah satu yang bakal digunakan buat wasit adalah alat komunikasi agar bisa memaksimalkan pertandingan.

Kualitas wasit memang menjadi sorotan jelang Liga 1 2020. Sebab, sepanjang musim lalu kualitas wasit acap kali jadi perhatian. Bahkan, hal itu bisa saja mengubah hasil pertandingan.

LIB melihat kondisi itu. Mereka ingin pada Liga 1 2020 kualitas pertandingan bisa meningkat. Makanya, LIB ingin menambah fasilitas buat para pengadil di lapangan.

LIB Bakal Tambah Alat Bantu Wasit di Liga 1 2020

“Kita berupaya untuk peningkatan kualitas pertandingan ini lebih, kita meminta untuk perlengkapan wasit dan bukan hanya sumber daya manusianya yang kita latih tapi kita juga menyiapkan perlengkapannya seperti headphone dan yang lainnya,” ungkap Dirut LIB, Cucu Somantri, kepada wartawan.

Sedang untuk Video Assistant Referee (VAR), untuk tahun ini Cucu menyebut belum bisa diterapkan. Tapi, LIB sendiri disebutnya sudah bertemu dengan perwakilan FIFA dan AFC.

“Pertemuan itu untuk membahas kesiapan untuk pelatihan VAR, karena ternyata melakukan VAR itu tidak gampang. VAR-nya gampang, tapi orang yang mengoprasikan VAR sulit sehingga pelatihan itu hampir sembilan bulan, ada tiga tahap dan tiga bulan pertama apa, dan tiga bulan setelahnya apa,” tutup dia.