LIB Tak Sepihak Dalam Memberhentikan Kompetisi

Football5Star.com – PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengaku sudah berdiskusi dengan klub sebelum memberhentikan kompetisi. Hal itu dilakukan agar bisa meredam penyebaran virus corona.

Seperti diberitakan sebelumnya, LIB dan PSSI sepakat untuk kembali menunda pagelaran Liga 1 2020. Dari rencana semula akan ditunda selama dua pekan, mereka mengonfirmasi kompetisi ditangguhkan tanpa batas waktu.

Keputusan itu diambil pascaterus meningkatnya pasien positif virus corona COVID-19 di Indonesia. Data dari pemerintah Indonesia, per Minggu (22/3/2020) ada 514 positif, dan 48 lainnya meninggal dunia.

Kondisi itu memaksa LIB dan PSSI untuk mencari jalan terbaik untuk kompetisi Indonesia. ALhasil, mereka mengumumkan untk menunda LIga 1 2020 tanpa batas waktu.

“Pada prinsipnya kami berusaha untuk mencari solusi yang komprehensif dengan mempertimbangkan banyak hal yang terkait dengan situasi saat ini,” ujar Direktur Utama PT LIB Cucu Soemantri seperti dilansir Antara.

LIB, lanjut Cucu jua tak memutuskan secara sepihak terkait penundaan kometisi. “Selain arahan dari pemerintah dan Ketua Umum PSSI, kami juga meminta masukan dari klub terkait kondisi di wilayah masing-masing,” sambung dia.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan instruksi langsung melalui surat kepada PT Liga Indonesia Baru pada 18 Maret 2020 terkait penghentian kompetisi. Surat ini juga ditembuskan ke Menpora, Ketum Koni, dan para klub peserta Liga 1 dan Liga 2.

“Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 untuk sementara waktu dihentikan,. Pencabutan atas penghentian Liga 1 dan Liga 2 akan menunggu perkembangan lebih lanjut mengenai penyebaran Covid-19 di Indonesia, yang akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI,” ata Iriawan dalam surat yang ditujukan untuk Direktur Utama PT LIB.

Cucu SomantriLiga 1 2020Liga 2 2020