Liga 1 2020 Berpotensi Dibagi Dua Wilayah

Football5Star.com, Indonesia – Liga 1 2020 berpotensi akan dibagi dua wilayah seperti Indonesia Super League (ISL) 2014 lalu. Hal tersebut terpaksa dilakukan untuk mengakali keterbatasan waktu.

Seperti diberitakan sebelumnya, klub-klub kontestan Liga 1 2020 bersepakat kalau kompetisi akan dilanjut per 1 November. Meski memang, izin kepolisian masih harus diusahakan oleh PSSI dan PT LIB sebagai operator.

Lantas bagaimana kalau polisi tetap tak memberikan izin buat kelanjutan Liga 1? PSSI memiliki beberapa opsi untuk mengatasi hal itu. Andai 1 November tidak diizinkan, maka PSSI akan membuat skema dan jadwal baru, yakni pada 1 Desember 2020.

“Jika itu belum diizinkan karena alasan izin keramaian terkait Pilkada 2020, PSSI akan mencoba memulai pada 1 Januari 2021. Mudah-mudahan aspirasi klub agar kompetisi kembali digelar bisa menjadi kenyataan,” bilang Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Dalam Twitter resminya, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan menyebut kalau terpaksa Liga 1 dimulai per 1 Januari tahun depan, maka akan dibagi dua wilayah. Formatnya mirip dengan ISL 2014 lalu.

“Intinya kompetisi lanjutan tahun 2020 ini akan diteruskan. Apakah mulai 1 November, 1 Desember atau 1 Januari 2021,” sebut Iriawan.

Iriawan tentu menyerahkan sepenuhnya kepada Polri. Tapi dia tak bisa membendung keinginan dari klub-klub Liga 1.

“Tidak masalah (soal izin), karena memang izin dari pihak kepolisian, saya serahkan ke pihak Polri. Mereka ini menyampaikan aspirasi, kami harus tampung. Kan mereka yang mau berdasarkan hasil kesepakatan,” tutup Iriawan.

Liga 1 2020mochamad iriawanPSSI