Liga 1 2020 Dilanjutkan Februari, Pakai Format Baru?

Football5Star.com, Indonesia – PSSI mengonfirmasi kalau Liga 1 2020 akan dilanjutkan per Februari 2021 dan diprediksi akan pakai format baru. Tapi, mereka menyerahkan sepenuhnya kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator untuk menggodok semuanya.

Seperti diketahui, sebenarnya PSSI memutuskan untuk melanjutkan Liga 1 2020 per November mendatang usai bertemu dengan para klub. Tapi masalahnya, keputusan itu tak akan berarti karena kepolisian pun sampai saat ini belum menurunkan izin keramaian buat kompetisi.

PSSI lantas menggelar pertemuan lagi dengan klub dan para anggota Komite Eksekutif (Exco). Diputuskan kalau kompetisi bakalan dilanjut, tapi bukan November, melainkan Februari 2021.

“Rapat Exco PSSI menghasilkan keputusan bahwa PSSI menunda seluruh kompetisi yakni Liga 1,2,dan 3 pada tahun 2020 ini. Selanjutnya kompetisi akan dimulai lagi pada awal 2021 mendatang,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Kemungkinan besar, Ligga 1 2020 akan dilanjutkan dengan menggunakan format baru. Apalagi waktunya sangat mepet dengan gelaran Piala Dunia U-20 2021. Soal hal itu, Yunus Nusi menyerahkan semuanya kepada LIB.

“PSSI akan memberikan kewenangan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 dan 2 untuk mencari formula, format, dan sistem kompetisi terhadap keputusan PSSI tersebut,” tambah Yunus Nusi.

Dalam kesempatan yang sama, PSSI berharap kompetisi dapat bergulir dengan protokol kesehatan yang ketat karena masih dalam pandemi Covid-19. Panduan protokol kesehatan untuk kompetisi pun sudah dibuatkan regulasinya serta diberikan kepada klub.

Liga 1 2020PSSIYunus Nusi