Liga 1 dan Liga 2 Diusulkan Wajib Mainkan Pemain U-20

Football5Star.com – Liga 1 dan Liga 2 diusulkan wajib memainkan pemain-pemainnya yang berusia di bawah 20 tahun. Hal itu dilakukan semata-mata untuk mendukung Timnas U-19 yang bakal mentas pada ajang Piala Dunia U-20 2021.

Seperti diketahui, Indonesia bakal menjadi tuan rumah pagelaran akbar sepak bola dunia itu. Tentu, diharapkan SKuat Garuda Muda bisa tampil setidaknya memukau dalam event Piala Dunia tersebut.

Untuk itu, Asosiasi Pelatih Sepak bola Seluruh Indonesia (APSSI) mengusulkan PSSI menerapkan regulasi pemain U-20 pada setiap klub Liga 1 dan Liga 2. Mereka ingin terlibat dalam kesuksesan Timnas U-19 Indonesia dalam ajang itu.

Gunansar Mandowen dari Persipura Jayapura selalu jadi pencetak gol termuda dalam tiga musim terakhir Liga 1.

“Kalau memang orientasi ke Piala Dunia U-20, maka andai liga dilanjutkan, setiap tim di Liga 1 wajib menurunkan pemain U-20. Sementara di Liga 2, pemain U-20 harus dioptimalkan dan jika memungkinkan berlaga penuh. Kami telah membicarakan ini dengan PSSI,” ungkap anggota komite eksekutif (exco) dari APSSI, Bambang Nurdiansyah.

Sebenarnya, regulasi pemain muda bukan hal yang tabu buat kompetisi di Indonesia. Sejak ramai diadakannya turnamen, sampai Liga 1 2017, sempat diterapkan wajib memainkan pemain U-23 dalam setiap pertandingan minimal 45 menit.

“Kami juga mengusulkan, kalau ada pergantian pemain, yang masuk ke lapangan sebagai pemain pengganti juga pemain muda. Kami sudah mendorong itu ke PSSI,” pungkas Bambang Nurdiansyah.