Liga 1 Kalah Baik dari Liga Myanmar dan Singapura

Football5star.com, Indonesia – Panasnya persaingan Liga 1 Indonesia musim 2018 tidak serta merta membuat pamornya meningkat di jajaran kompetisi se Asia Tenggara. Kasta tertinggi tanah air ini justru masih berada di bawah Liga Myanmar dan Singapura.

Dalam rilisan terbaru AFC terkait kompetisi tertinggi sepak bola di Asia Tenggara, Liga 1 hanya menempati peringkat ketujuh. Lebih mengejutkan lagi, peringkat ini masih di bawah Myanmar dan Singapura yang berada di peringkat keenam dan kelima.

Sepanjang musim 2018, Liga 1 hanya mengumpulkan 4.100 poin. Jumlah ini tertinggal jauh dari Liga Thailand yang berada di peringkat pertama dengan raihan 16.200 poin.

fourfourtwo.com

Penilaian ini dilakukan AFC berdasarkan akumulasi dari ranking FIFA tim nasional negara masing-masing kompetisi. Selain itu ada pula performa klub negara bersangkutan di kompetisi level Asia seperti AFC Cup dan Liga Champions Asia.

Yang paling mengejutkan adalah capaian Liga Filipina yang berhasil menempati peringkat ketiga terbaik se ASEAN. Kesuksesan negara yang kekuatan sepak bolanya baru berkembang dalam 10 tahun terakhir ini tak lepas dari kesuksesan tim nasionalnya dan beberapa klubnya di level Asia seperti Ceres Negros dan Global Cebu.

Akan tetapi, kompetisi bernama Philippines Football League ini sejatinya hanya diikuti enam klub saja. Sedangkan di atas Filipina ada Liga Malaysia yang menempati peringkat kedua. Keberadaan Malaysia Super League terbilang wajar karena terdapat beberapa tim besar seperti Johor Darul Takzim, Selangor FA, Kedah FA, dan lainnya.

Praktis Liga 1 hanya unggul dari Liga Kamboja, Laos, dan Timor Leste, yang selama ini dikenal sebagai negara yang lemah dalam urusan sepak bola.

Comments
Loading...