Liga 1 Tanpa Degradasi, Tapi Tetap Ada Promosi dari Liga 2

Foootball5star.com Indonesia – Rencana digulirkannya kembali Liga 1 2020-21 pada Februari tahun depan terus dimatangkan. Satu hal yang hampir pasti diterapkan, yakni tak ada degradasi. Meski begitu, tetap akan ada tim yang promosi dari Liga 2.

PT. Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 2020-21 memang terus menggodok beberapa perubahan format kompetisi. Pasalnya, kondisi tidak normal harus dihadapi akibat penundaan kompetisi yang cukup lama.

Ahmad Hadian Lukita - PT LIB - Persebaya - Persita - Barito Putera - liga-indonesia. id 2
liga-indonesia.id

Sempat muncul wacana Liga 1 2020-21 akan digelar dalam dua wilayah, barat dan timur. Namun, wacana itu belum final. Hal lain yang muncul dalah rencana penghapusan degradasi dari Liga 1. Terkait poin ini, PT. LIB menimbangnya dengan serius.

“Iya masih (rencana Liga 1 tanpa degradasi), tapi promosi akan tetap ada dari Liga 2,” ujar Direktur Utama PT. LIB, Akhmad Hadian Lukita, seperti dikutip Football5star.com dari Antaranews.

Demi Menjaga Liga 1 Tetap Kompetitif

Imbas pandemi COVID-19 yang melanda, kompetisi di Indonesia, khususnya Liga 1, memang baru dijalankan tiga pekan. Selama tiga pekan itu, Persib Bandung berada di posisi puncak setelah menyapu bersih dengan kemenangan.

Wander Luiz - Persib Bandung - Geoffrey Castillion - persib.co. id 2
persib.co.id

Sempat direncanakan bergulir kembali pada Oktober, pada akhirnya agenda kembali berubah karena tak turunya izin dari kepolisian. Alhasil, kompetisi baru bisa digelar kembali pada Februari 2021 dan dengan wacana menghapuskan degradasi.

PSSI dan PT. LIB memiliki alasan terkait menghapuskan sistem degradasi. Beberapa pertimbangannya karena kondisi yang belum normal dari pandemi. Ada kekhawatiran level kompetitif akan berkurang karena beberapa faktor. Sebut saja misal ada pemain yang tertular dan absen hingga membuat laga berjalan tidak menarik.

“Waktu itu pertimbangannya khawatir ada klub yang pemainnya terpapar Covid-19 dan menurunkan kualitas. Kalau kondisinya begitu kompetisi jadi tidak fair,” kata Akhmad Hadian Lukita menambahkan.

Meski tidak ada degradasi, Akhmad Hadian Lukita berharap liga tetap berjalan kompetitif dan ingin para pemain tetap serius menatap kompetisi tersebut agar bisa menjaga kualitasnya. Bagi dia, keseriusan itu bakal membuktikan bahwa sepak bola Indonesia bisa hidup di tengah pandemi.

“Harapan sih bergengsi karena semangat, pemain semua dengan tanpa adanya degradasi, tapi minimal kita menunjukkan ke masyarakat bahwa bola tetap hidup dan enak tonton,” bilang Akhmad Hadian Lukita memungkasi.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More