Liga 2 Bakal Ada Regulasi Baru Lebih Ketat

Football5Star.com – PSSI bakal mengajukan regulasi baru untuk Liga 2 musim 2021. Hal yang mungkin akan ditambah, adalah soal kewajiban tiap tim memiliki tim usia muda, minimal U-18.

Seperti diketahui, regulasi klub wajib memiliki tim usia muda memang sudah digalakkan PSSI. Hal itu sudah diberlakukan oleh PSSI kepada tiap klub yang berkompetisi di Liga 1 2019.

Makanya diadakan Elite Pro Academy U-16, U-18, dan U-20. Apalagi, hal ini merupakan salah satu syarat wajib klub yang akan mengajukan lisensi kepada AFC.

Ratu Tisha - Hari Kartini - PSSI baca.co. id

Bahkan musim 2021, klub juara, runner-up, dan peringkat tiga Liga 2 belum tentu bisa promosi. Hal itu andai para klub peserta tak memenuhi persyaratan awal National Club Licensing System.

“Yang akan promosi nanti, klub itu memang sudah mendapatkan lisensi nasional dari aturan itu,” ujar Sekretaris Jenderal PSSi, Ratu Tisha Destria.

Salah satu klub peserta Liga 2, Martapura FC, merespons soal hal itu. Pelatih Martapura FC, Frans Sinatra, menyebut kalau ide itu sangat bagus untuk mengembangkan potensi lokal.

“Saya sih inginnya Martapura FC U-18 nanti hanya diisi pemain lokal daerah. Sebab banyak pemain muda kualitas yang juga butuh kompetisi,” kata Frans dikutip dari Tribun Pontianak.