Liga Belanda: Feyenoord Kunci Gelar Juara Eredivisie di Pekan Pamungkas

Football5star.com, Indonesia – Feyenoord Rotterdam akhirnya mengunci gelar juara Eredivisie pada pekan terakhir melalui kemenangan 3-1 atas Heracles Almelo, Minggu (14/5).

Perebutan gelar juara Eredivisie musim ini memang harus ditentukan hingga pekan pamungkas atau pekan ke-34. Pasalnya, AFC Ajax selaku pesaing terdekat, terus menguntit Feyenoord.

Pada akhirnya, hat-trick penyerang gaek Dirk Kuyt ke gawang Heracles membuat Feyenoord menutup musim depan poin 82. Mereka unggul 1 angka dari Ajax yang pada saat bersamaan juga menang 3-1 di kandang Willem II Tilburg.

Gelar juara tahun ini terasa spesial bagi Feyenoord karena terakhir kali menjadi juara adalah pada 1998-1999, atau sudah 18 tahun berlalu. Setelah itu, mereka acapkali kalah bersaing dengan Ajax, PSV Eindhoven, atau bahkan AZ Alkmaar.

Ini menjadi gelar Eredivisie ke-15 bagi Feyenoord. Sedangkan bagi pelatih Giovanni van Bronckhorst menjadi gelar Eredivisie pertamanya. Dia hanya butuh dua musim untuk membawa Feyenoord menjadi juara Eredivisie setelah semusim sebelumnya meraih gelar KNVB Beeker.

Nicolai Joergensen menjadi bintang utama Feyenoord pada musim ini. Pemain yang didatangkan dari FC Koebenhavn itu mencetak 21 gol dan 11 assists sepanjang musim, diikuti Jens Toornstra dengan 14 gol dan 9 assists.

Ajax, meski gagal menjadi juara, tetap mengunci tiket ke Liga Champions musim depan. Sementara untuk tiket Liga Europa diraih PSV, FC Utrecht, dan Vitesse Arnhem. AZ Alkmaar, FC Groningen, dan SC Heerenveen, pun kebagian tiket ke babak kualifikasi Liga Europa.

Satu tim yang dipastikan terdegradasi ke Eerste Divisie adalah Go Ahead Eagles. Sedangkan Nec Nijmegen dan Roda JC Kerkrade harus menjalani play-off degradasi-promosi.

Comments
Loading...