Liga Belarus Sedang Disorot, Klub Terbaiknya Malah Kalah Terus

Football5Star.com, Indonesia – Pandemi virus corona yang melanda seluruh dunia membuat semua liga sepak bola dihentikan. Tetapi ada dua liga yang masih berjalan saat ini, Liga Primer Nicaragua, dan Liga Primer Belarus. Dari dua liga itu, jelas Belarus yang paling disorot karena dia satu-satunya liga di Eropa yang masih berjalan.

Liga Belarus berbeda dari kebanyakan liga di Eropa. Biasanya liga di Eropa dimulai dari Agustus atau September sampai Mei, sedangkan Belarus mengadopsi sistem seperti liga Indonesia, mulai awal tahun selesai akhir tahun.

Di liga ini ada satu klub yang setidaknya dikenal oleh para pecinta sepak bola. Klub itu adalah BATE Borisov. Wajar saja, BATE Borisov adalah satu-satunya klub Belarus yang berhasil lolos ke Liga Champions (2008-09, 2011-12, 2012-13, 2014-15, 2015-16).

Musim lalu saja mereka berhasil mencuri perhatian pecinta sepak bola karena mengalahkan Arsenal pada leg pertama babak 32 besar Liga Europa.

Flipboard

Mereka juga klub paling sukses di liganya dengan total 15 gelar juara.

Tetapi ditengah sorotan dunia, mantan klub dari Alexander Hleb itu, malah menampilkan performa yang negatif. Dalam dua pertandingan awal, mereka kalah dua kali, dan sekarang mereka berada di zona degradasi.

Bukan cuma BATE Borisov, klub asal ibukota, Dinamo Minsk, yang notabene klub kedua terbaik dengan 7 gelar liga dan pernah bermain di Liga Europa, juga menderita dua kekalahan beruntun.

Minggu depan liga akan memasuki pekan ketiga, dan nampaknya masih akan berjalan terus. Kepala Federasi Sepak Bola Belarus menjelaskan tidak ada status darurat akibat virus corona di negaranya.

Hingga Minggu (29/3/2020) pagi, Pusat Sistem Sains dan Teknik Universitas Johns Hopkins sudah mencatat ada 94 kasus positif virus corona dengan 0 kematian di Belarus.

BATE BorisovBelarusDinamo MinskVirus Corona