Liga Champions dan Liga Europa Wajib Selesai pada Awal Agustus

Football5star.com, Indonesia – Presiden UEFA, Aleksander Ceferin mengatakan ada tiga opsi yang akan ditempuh oleh federasi sepak bola Eropa untuk menyelesaikan kompetisi Liga Champions dan Liga Europa di tengah pandemi corona saat ini.

Dikutip Football5star.com dari Football Italia, Minggu (5/4/2020) Ceferin menegaskan bahwa dua kompetisi tersebut harus segera rampung pada 3 Agustus mendatang.

“Baik Liga Champions ataupun Europa harus segera rampung pada 3 Agustus,” kata Ceferin. “Saat ini kita berada di situasi yang tak biasa tetapi ada kelonggaran mengenai tanggal spesifik musim dilanjutkan,” tambahnya.

afp

“Jika krisis ini reda, maka kompetisi sepak bola akan dilanjutkan. Satu-satunya langkah keliru ialah jika kita melanjutkan kompetisi jika kondisi tak memungkinkan”

Ceferin pun menyinggung soal format yang akan dijalankan dua kompetisi tersebut. Babak 16 besar Liga Champions masih tersisa empat pertandingan home and away. Sedangkan Liga Europa ditunda di babak 32 besar.

Sebelumnya memang muncul wacana untuk Liga Champions dan Liga Europa menggunakan babak play off dengan satu pertandingan untuk menentukan tim yang lolos.

“Kita bisa melanjutkan dengan sistem yang berlaku atau diubah menjadi satu pertandingan gugur di tempat netral. Saat ini, opsi untuk main dengan format Final Eight atau Final Four,” tambahnya.

Sebelumnya pada awal Maret lalu, UEFA mengadakan rapat ntuk membahas keberlangsungan Liga Champions di musim ini. Rapat darurat ini dilakukan UEFA melalui video conference.

“UEFA telah mengundang sekretaris jenderal dan 55 asosiasi sepak bola untuk terlibat dalam video confrence untuk berbagi informasi terbaru mengenai perkembangan terkait penjadwalan ulang pertandingan,” bunyi pernyataan resmi UEFA.

Liga ChampionsLiga EuropaUEFA