Liga Champions: “Para Pemain Arsenal Juga Harus Tanggung Jawab”

Football5star.com, Indonesia – Legenda Arsenal, Nigel Winterburn, menilai buruknya performa tim bukan hanya tanggung jawab manajer Arsene Wenger seorang.

Peluang Arsenal untuk lolos ke perempatfinal Liga Champions sangatlah kecil. Pasalnya, mereka dibantai 5-1 dari Bayern Munich dalam laga leg pertama babak 16 besar di Stadion Allianz pada Kamis (16/2).

Banyak pihak menjadikan Wenger sebagai kambing hitam. Maklum, mereka selalu tersingkir di babak 16 besar selama enam musim berturut-turut.

Kendati demikian, Winterburn merasa para penggawa The Gunners juga memiliki tanggung jawab yang sama atas hasil memalukan melawan Die Roten.

“Ketika anda bekerja dengan Arsene, anda akan diajarkan tentang berbagai situasi, seperti hal-hal yang akan dilakukan lawan anda dan reaksi yang dibutuhkan,” terang Winterburn kepada Sky Sports.

“Ia juga mungkin telah melakukan hal tersebut (sebelum melawan Bayern). Tetapi, ketika di dalam pertandingan sesungguhnya dan segalanya terjadi sangat cepat, para pemain yang ada di lapangan tidak bisa hanya bergantung kepada hal yang diajarkan oleh manajer di dalam sesi latihan karena beberapa situasi tidak akan terjadi.”

“Semua tergantung dengan para pemain secara kolektif untuk mengatur diri mereka dan menarik mundur pemain tengah untuk bertahan jika dibutuhkan. Bisa juga mendorong pemain untuk bermain melebar jika memang lawan bermain di sisi sayap.”

“Arsene tidak bisa melakukan hal tersebut di pinggir lapangan. Para pemain harus mengambil tanggung jawab sendiri,” tambah dirinya.

Comments
Loading...