Liga Champions: Sejarah Mengatakan, Barcelona Tak Mungkin Lolos!

Football5star.com, Indonesia – Dinding tebal merintangi perjalanan Barcelona di Liga Champions. Kekalahan 0-4 di kandang Paris Saint-Germain pada leg pertama babak 16-besar, Rabu (15/2) dini hari WIB, membuat Barcelona mengusung misi mustahil untuk bisa lolos ke babak perempat final.

Bagaimana tidak, sejarah mencatat, tak pernah ada tim yang mengantongi modal kekalahan 0-4 pada leg pertama fase knock-out Liga Champions, bisa lolos ke babak seanjutnya. Fakta itu diungkap akun Twitter @2010MisterChip melalui serangkaian cuitannya.

Tak cuma pada era Liga Champions, tapi juga sejak masih berformat European Cup atau Piala Champions. Memang beberapa momen comeback pernah tersaji dalam perjalanan sejarah kompetisi kasta teratas antarklub Eropa ini. Tercatat, ada tiga tim yang mampu membalas kekalahan empat gol.

Sebut saja Leoixoes yang menang 6-2 atas La Chaux de Fonds pada 1961, lalu Partizan Belgrade yang juga menang 6-2 atas Queens Park Rangers pada 1984, dan Real Madrid kala berbalik unggul 5-1 atas Borussia Moenchengladbach pada 1985. Namun, dari ketiga comeback tersebut, tak ada yang bisa membawa mereka lolos ke babak selanjutnya karena faktor agresivitas gol.

Bagaimana dengan Barcelona pada musim ini? Tim asuhan Luis Enrique membutuhkan kemenangan setidaknya 5-0 untuk bisa lolos ke babak perempat final. Bisa pula denga kemenangan 6-1 atau lebih asal selisihnya tak kurang dari 5 gol. Bagi mereka, mencetak gol sejumlah itu sejatinya bukan perkara sulit. Namun menjadi mustahil karena faktor sejarah.

Selama ini, Los Azulgrana tak pernah mampu membalas kekalahan dengan selisih 4 gol tau lebih dalam pertemuan dua leg, baik di kompetisi domestik atau di kancah internasional, termasuk Liga Champions.

Contoh terdekat adalah pada babak semifinal Liga Champions 2012-2013. Kala itu, Barcelona kalah 0-4 di kandang Bayern Muenchen pada leg pertama. Alih-alih membalas kekalahan itu saat leg kedua di Estadio Camp Nou, skuat Blaugrana justru kembali kalah 0-3 hingga Bayern melangkah ke final dengan agregat 7-0!

Fakta-fakta tersebut membuat misi Barcelona untuk bisa lolos ke babak perempat final bisa dibilang sudah hampir tertutup. Selain itu, ini akan menjadi kali pertama mereka sudah kandas di babak 16-besar sejak 2007 saat disingkirkan Liverpool. Kala itu, Barcelona kalah 1-2 di Camp Nou dan menang 1-0 di Anfield, tapi harus tersingkir karena perhitungan agresivitas gol tandang.

Comments
Loading...