Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

5 Fakta Menarik Matchday VI Liga Champions

133

Football5Star.com, Indonesia – Fase grup Liga Champions 2017-18 resmi usai pada tengah pekan ini. Sejumlah fakta menarik muncul pada matchday VI yang berlangsung pada Rabu dan Kamis (6 – 7 Desember 2017) WIB. Tentu ada catatan positif, ada pula yang negatif. Di antaranya melibatkan Paris Saint-Germain dan Manchester City.

Berikut ini, Football5Star menyajikan 5 fakta menarik yang muncul dari 16 laga matchday VI Liga Champions.

Tanpa Tim Sempurna
PSG takluk 1-3 di kandang Bayern Munich.
chicagotribune.com

Di antara 32 tim yang berlaga di fase grup Liga Champions musim ini, tak satu pun yang berhasil meraup hasil sempurna, enam kemenangan. Itu karena Paris Saint-Germain dan Manchester City gagal memetik kemenangan pada pekan terakhir. Berbekal lima kemenangan, keduanya malah tumbang.

Datang ke kandang Bayern Munich, PSG takluk 1-3 dengan tertinggal 0-2 lebih dulu pada babak pertama. Kekalahan itu bahkan membuat Presiden Nasser Al Khelaifi murka. Adapun Man. City secara mengejutkan kalah 1-2 di kandang Shaktar Donetsk. Seperti PSG, mereka juga tertinggal 0-2 pada babak pertama dan baru berhasil membuat gol balasan pada menit terakhir lewat penalti Sergio Aguero.

PSG dan Liverpool Lewati Dortmund
Liverpool pesta tujuh gol ke gawang Spartak Moskow.
Twitter @SkySportsStatto

Pesta tujuh gol ke gawang Spartak Moskow di Stadion Anfield menjadikan Liverpool mengemas 23 gol dalam enam laga di fase grup Liga Champions. Itu menjadikan mereka sebagai tim kedua yang melewati rekor torehan gol terbanyak di fase grup yang dibuat Borussia Dortmund pada musim lalu dengan 21 gol.

Sebelum Liverpool, Paris Saint-Germain lebih dulu melewati rekor tersebut pada matchday V saat menggasak Celtic FC 7-1. Tambahan tujuh gol membuat mereka membukukan 24 gol. Lalu, berkat tambahan satu gol pada matchday VI saat kalah 1-3 dari Bayern Munich, kini mereka memegang rekor dengan torehan 25 gol.

Mimpi Buruk Benfica
Benfica kalah 0-2 dari Basel.
muanlai.com

Benfica mengemas hasil sangat buruk di Liga Champions musim ini. Dalam enam laga di fase grup, tak satu nilai pun berhasil diraih klub asal Portugal tersebut. Enam kali berlaga, enam kali pula mereka kalah. Kepastian itu didapat saat mereka kalah 0-2 dari FC Basel pada matchday VI. Dua gol dari Mohamed Elyounoussi dan Dimitri Oberlin memastikan O Aguias nirpoin.

Bukan hanya nirpoin, Benfica juga hanya sanggup mencetak satu gol sepanjang fase grup. Satu-satunya gol itu dibuat Haris Seferovic pada matchday I melawan CSKA Moskow. Setelah itu, anak-anak asuh Rui Vitoria selalau gagal menjebol gawang lawan dalam lima matchday beruntun. Total, mereka puasa gol selama 490 menit hingga akhir matchday VI.

Rekor Istimewa Ronaldo
Cristiano Ronaldo selalu cetak gol di enam laga fase grup.
Twitter @OPTAJoe

Cristiano Ronaldo memang melempem di La Liga. Namun, di Liga Champions, dia tetap perkasa. Bahkan, berkat torehan satu gol pada matchday VI melawan Borussia Dortmund, dia membuat rekor istimewa. Dia menjadi pemain pertama yang selalu mencetak gol dalam enam laga di fase grup.

Total, sepanjang fase grup musim ini, Ronaldo membukukan sembilan gol. Rinciannya, empat gol ke gawang APOEL, tiga gol ke gawang Dortmund, dan dua gol ke gawang Tottenham Hotspur. Tambahan sembilan gol membuat dia makin melesat di daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa dengan 114 gol. Dia unggul 17 gol dari Lionel Messi yang musim ini baru membuat tiga gol.

Foden Starter Inggris Termuda
Phil Foden tumbangkan rekor Josh McEachran.
Twitter @OPTAJoe

Manchester City memang kalah 1-2 dalam laga matchday VI melawan Shakhtar Donetsk. Namun begitu, sebuah torehan sejarah berhasil dibuat oleh pemainnya, Phil Foden. Diturunkan sejak awal oleh Pep Guardiola, dia menjadi pemain Inggris termuda yang menjadi starter di Liga Champions. Hari itu, dia baru berumur 17 tahun 6 bulan 9 hari.

Foden melampaui rekor Josh McEachran. Saat menjadi starter pada laga Chelsea versus MSK Zilina pada 23 November 2010, McEachran berumur 17 tahun 8 bulan 23 hari. Meskipun begitu, untuk debutan termuda asal Inggris, Foden masih terpaut jauh dari Jack Wilshere yang melakoni laga pertama di Liga Champions saat berumur 16 tahun 10 bulan 24 hari.