ANALISIS: Dikalahkan PSG, Liverpool Tetap Bisa Optimistis

Football5star.com, Indonesia – Kekalahan 1-2 di kandang Paris Saint-Germain (PSG) memang membuat Liverpool tergeser ke posisi ketiga klasemen sementara Grup C Liga Champions. Hal itu pun membuat persaingan memperebutkan dua tiket ke babak 16-besar sangat ketat. Dari grup ini, belum ada tim yang memastikan lolos ke fase gugur tersebut.

Kekalahan dari PSG membuat Liverpool harus menang pada laga pamungkas menghadapi Napoli yang saat ini berada di puncak klasemen dengan sembilan poin. Bagi Napoli, hasil imbang saja sudah memastikan langkah ke babak 16-besar. Namun, mengingat laga nanti akan berlangsung di Stadion Anfield, Liverpool tetap bisa dikatakan berada di atas angin.

Siapa pun tahu, Anfield adalah neraka bagi siapa saja. Sejak musim lalu, mereka belum kalah saat menjamu lawan pada laga Liga Champions. Total, The Reds membukukan delapan kemenangan dan dua kali imbang. Hanya Sevilla dan FC Porto yang sanggup pulang dengan kepala tegak karena tak kalah di sana.

Liverpool punya kans lebih besar untuk lolos ke babak 16-besar karena hadapi Napoli di Anfield.
tuttomercatoweb.com

Hal itu didukung oleh rekor buruk Napoli saat bertandang ke Inggris. Dalam enam lawatan terdahulu, I Partenopei selalu gagal menang. Bahkan, di kandang Swansea City saja mereka hanya bisa meraih hasil imbang tanpa gol. Khusus di Anfield, satu-satunya lawatan terdahulu pada 4 November 2010 berakhir kekalahan 1-3.

Rekor tandang Napoli di Liga Champions sejak musim lalu pun tidak bagus. Mereka belum pernah sanggup meraih kemenangan. Musim ini, lawatan ke kandang Crvena Zvezda dan PSG berakhir imbang. Sementara itu, musim lalu, semua lawatan berakhir kekalahan 1-2.

Satu-satunya yang jadi modal positif I Partenopei adalah jejak apik Carlo Ancelotti. Dalam tiga kesempatan terakhir menghadapi Liverpool, tim asuhannya selalu menang dan clean sheet. Termasuk di Anfield pada 2014-15. Datang bersama Real Madrid, kemenangan 3-0 berhasil dibawa pulang.

Berikut ini adalah syarat kelolosan tim dari Grup C:

Liverpool

  • Menang dengan skor berapa pun atas Napoli. Andai menang 1-0 pun, Liverpool akan unggul dalam head to head dengan I Partenopei.

Napoli

  • Menang atau seri dengan Liverpool.
  • Kalah dari Liverpool asalkan PSG juga kalah dari Crvena Zvezda.

PSG

  • Menang atau seri atas Crvena Zvezda. Hasil imbang tetap akan meloloskan Le Parisien karena keunggulan selisih gol dan superioritas dalam mencetak gol.
  • Kalah dari Crvena Zvezda asalkan Liverpool gagal menang atas Napoli.

Comments
Loading...