Brace Guendogan Bantu Guardiola Ulangi Memori di St. Jakob-Park

Football5Star.com, Indonesia – Pep Guardiola mengulang kenangan manis di Stadion St. Jakob-Park milik FC Basel. Rabu (14/2/2018) dinihari WIB, dia membawa Manchester City menang besar 4-0. Gelandang Ilkay Guendogan tampil gemilang dengan membuat brace ‘dua gol’. Itu mengulangi kemenangan besar yang dibuat Guardiola bersama Barcelona, satu dekade silam. Kala itu, klub asuhannya pulang dengan kemenangan 5-0.

Sadar harus menjamu tim yang sangat ofensif, Basel tampil dengan formasi bertahan. Seperti saat menjamu Manchester United pada fase grup, pelatih Raphael Wicky memasang formasi 5-4-1 dengan harapan bisa mengulang kemenangan 1-0. Namun, harapan itu hancur hanya dalam waktu kurang dari 30 menit karena kiper Tomas Vaclik harus tiga kali memungut bola dari gawangnya.

Para pemain Man. City merayakan gol Bernardo Silva.
standard.co.uk

Harapan Basel mulai sirna saat laga berjalan 14 menit. Sundulan Guendogan menyambut sepak pojok Kevin de Bruyne membuat gawang Vaclik bergetar untuk kali pertama. Selanjutnya, sebuah tendangan chip dari Bernardo Silva empat menit kemudian dan tendangan keras Sergio Aguero pada menit ke-23 membuat The Citizens unggul 3-0.

Hasil tersebut identik dengan saat Guardiola mendamping Barcelona di St. Jakob-Park pada 22 Oktober 2008. Kala itu pun, El Barca unggul 3-0 pada babak pertama berkat tiga gol dalam 22 menit awal.

Memasuki babak kedua, Guendogan kembali menjebol gawang Vaclik. Menerima umpan Aguero, dia dengan elegan mengontrol bola di luar kotak penalti, lalu mengirimnya ke pojok kiri atas gawang RotBlau tanpa bisa dijangkau Vaclik. Gol pada menit ke-53 itu pun menjadi penutup pesta gol The Citizens di St. Jakob-Park.

Dengan kemenangan besar ini, Man. City sudah menempatkan satu kaki di perempat final. Pasalnya, mereka akan menjadi tuan rumah pada leg II. Basel bisa dikatakan mustahil menuai kemenangan karena The Citizens tak pernah kalah di kandang sendiri di berbagai ajang sepanjang musim ini.

Susunan Pemain:

FC Basel (5-4-1): 1-Tomas Vaclik, 5-Michael Lang, 34-Taulnt Xhaka, 3-Leo Lacroix, 17-Marek Suchy, 25-Blas Riveros, 14-Valentin Stocker (22-Albin Ajeti 71), 6-Fabian Frei, 20-Serey Die, 24-Mohamed Elyounoussi (33-Kevin Bua 85), 19-Dimitri Oberlin
Pelatih: Raphael Wicky

Manchester City (4-3-3): 31-Ederson Moraes, 2-Kyle Walker, 4-Vincent Kompany, 30-Nicolas Otamendi, 18-Fabian Delph, 17-Kevin De Bruyne (21-David Silva 63), 25-Fernandinho, 8-Ilkay Guendogan, 20-Bernardo Silva, 10-Sergio Aguero (3-Danilo 86), 7-Raheem Sterling (19-Leroy Sane 57)
Pelatih: Josep Guardiola

K. Kuning: Xhaka 38, Die 89 – Fernandinho 59, Guendogan 89
K. Merah: 

Comments
Loading...