Imbang 1-1 di Kandang, Peluang Chelsea Sangat Tipis

524

Football5Star.com, Indonesia – Chelsea memang berhasil menahan imbang 1-1 Barcelona di kandang sendiri, Rabu (21/2/2018) dinihari WIB. Namun, itu bukan modal yang bagus untuk lolos ke perempat final. Selain harus menjalani lawatan ke Camp Nou, hal yang membuat Chelsea sulit lolos adalah fakta babak 16-besar Liga Champions sejak 2003-04.

Berdasarkan penelusuran Football5Star, sejak 2003-04, telah terjadi 17 kali hasil imbang 1-1 pada leg I babak 16-besar Liga Champions. Dari jumlah itu, hanya lima tuan rumah leg I yang sanggup lolos ke babak berikutnya. Artinya, peluang The Blues kini tinggal 29,4 persen.

Barcelona saat menggasak VfB Stuttgart 4-0 pada 2009-10.
zimbio.com

Bahkan, bila melihat rekor Barcelona saat meraih hasil seri 1-1 pada laga tandang leg I babak 16-besar Liga Champions, kans Chelsea jadi tidak ada sama sekali. The Blues malah harus menghadapi kemungkinan kalah telak pada laga leg II di Camp Nou nanti.

Sejak 2003-04, Barcelona telah dua kali merasakan hasil imbang di kandang lawan pada leg I babak 16-besar Liga Champions. Hasilnya, mereka selalu berhasil lolos ke perempat final dengan kemenangan telak pada leg II di kandang sendiri.

Pengalaman pertama El Barca terjadi pada 2008-09. Saat itu, tim asuhan Pep Guardiola ditahan 1-1 oleh Olympique Lyon di Stade Gerland. Tertinggal lebih dulu lewat tendangan bebas Juninho Pernambucano, El Barca menyamakan kedudukan berkat sundulan Thierry Henry.

Pada leg II, Barcelona menang 5-2. Henry mencetak brace, sementara Lionel Messi, Samuel Eto’o, dan Seydou Keita menyumbang satu gol masing-masing. Adapun dua gol balasan Lyon dihasilkan Jean II Makoun dan Juninho.

Musim berikutnya, pengalaman yang sama terulang dengan lawan berbeda. Kali ini, Barcelona menghadapi Stuttgart. Di Mercedes-Benz Arena, El Barca lagi-lagi tertinggal lebih dulu gara-gara sundulan Cacau. Namun, tendangan kaki kanan Zlatan Ibrahimovic memastikan laga berakhir 1-1.

Giliran menjamu Die Schwaben, Barcelona mengamuk. Empat gol dijejalkan ke gawang Jens Lehmann tanpa balasan satu pun. Messi memborong dua gol, sementara dua gol lainnya dibuat oleh Pedro Rodriguez dan Bojan Krkic.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.