Liga Champions: 5 Fakta Menarik Chelsea Vs Barcelona

771

Football5star.com, Indonesia – Barcelona sukses menahan imbang Chelsea pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stamford Bridge, Rabu (21/2/2018) dini hari. Keduanya akan kembali bersua pada 15 Maret 2018 bulan depan di Camp Nou.

Satu gol dicetak oleh Willian pada menit ke-62, memaksimalkan sodoran bola dari Eden Hazard. Tidak lama berselang, Lionel Messi membawa timnya menyamakan kedudukan setelah menerima umpan matang Andres Iniesta di dalam kotak penalti tuan rumah.

Gol Messi tersebut sekaligus mengakhiri kemandulannya dalam delapan pertemuan terakhir menghadapi Chelsea. Selain itu masih ada beberapa fakta menarik yang terjadi di pertandingan antara Chelsea vs Barcelona.

Berikut 5 Fakta Menarik Chelsea vs Barcelona:

Messi v Chelsea
uefa.com

Berakhirnya Kutukan Lionel Messi
Setelah melewati delapan pertandingan tanpa mencetak satu gol pun, Lionel Messi akhirnya mengantongi gol pertamanya melawan Chelsea. Gol tersebut tercipta setelah menyambut umpan matang Andres Iniesta pada pertengahan babak kedua.

The Blues memang menjadi momok utama bagi Messi di Liga Champions. Sejak lama pertamanya pada musim 2005-06, ia selalu kesulitan membobol gawang yang kebetulan saat itu dijaga oleh Petr Cech.

Kemudian pada dua pertemuan di fase grup semusim berselang, pemain asal Argentina tersebut juga gagal mencatatkan namanya di papan skor. Rekor buruk tersebut juga berlanjut di musim 2008-09 dan 2011-12. Kutukan tersebut baru berakhir dini hari tadi.

 

Lionel Messi vs Chelsea
twitter.com/ivanrakitic

Layaknya Pertandingan Antara Tim Spanyol
Aroma Spanyol cukup kental terasa pada pertandingan ini. Bukan hanya faktor kehadiran Barcelona, akan tetapi cukup banyak pemain asal negara semenanjung tersebut yang berseliweran di atas lapangan.

Baik Blaugrana mau pun The Blues sama-sama memainkan lima orang Spanyol pada pertandingan tadi. Tuan rumah tercatat menurunkan Marcos Alonso, Cesc Fabregas, Pedro Rodriguez dan Cesae Azpilicueta sejak menit awal.

Sedangkan Alvaro Morata baru memula laga pada babak kedua setelah masuk menggantikan Pedro. Sementara itu Barcelona punya Gerard Pique, Sergio Busquets, Andres Iniesta, Jordi Alba, dan Sergi Roberto.

 

Messi y Iniesta
uefa.com

Rekor Messi Melawan Klub Inggris
Meski baru pertama kali mencetak gol ke gawang Chelsea, nyatanya rekor Messi melawan klub Inggris termasuk mentereng. Ia tercatat sebagai pemain di Liga Champions yang paling sering membobol gawang kontestan Premier League.

Arsenal tercatat sebagai tim yang paling sering dibobolnya dengan sembilan kali. Menyusul Manchester City dengan enam gol, dan Manchester United dua gol. Satu tambahan ke gawang Thibaut Courtois dini hari tadi menggenapkannya menjadi 18 gol.

Setelah Messi ada sang rival utama, Cristiano Ronaldo (11 gol), Thomas Mueller (9 gol), Rivaldo (8), Samuel Eto’o (8), dan Edinson Cavani (8). La Pulga berpeluang menjauh jika mampu kembali mencetak gol pada leg kedua di Camp Nou bulan depan.

 

twitter.com/OptaJoe

Willian Raja Gol Dari Kotak Penalti
Gol Willian ke gawang Marc-Andre ter Stegen pada menit ke-62 menjadikan dirinya sebagai pemain yang paling sering mencetak gol dari luar kotak penalti sejak 2013-14. Presentase keberhasilan pemain asal Brasil tersebut adalah 67 persen.

Artinya, dari sembilan gol yang ia lesatkan, enal di antaranya berasal dari luar area pertahanan lawan. Raihan tersebut masih lebih baik dari Cristiano Ronaldi yang baru enam kali. Serta rekan senegaranya, Neymar, dengan baru menyarangkan lima gol.

Jika ditotal dengan saat masih membela Shakhtar Donetsk, jumlah tabungan gol Willian di Liga Champions menjadi 19 gol. Penampilan cemerlangnya di klub asal Ukraina tersebut membuat Chelsea tidak ragu menggelontorkan 31 juta pounds, 2013 silam.

 

Barcelona v Chelsea
twitter.com/OptaJoe

Barcelona Momok Bagi Tim Inggris
Meski hanya bermain imbang dini hari tadi. Faktarnya, Barcelona masih merupakan tim yang paling mengalahkan wakil Inggris di Liga Champions. Total sudah 23 kali mereka mengkadali para kontestar Premier League.

Lagi-lagi Arsenal menjadi yang paling apes dengan menelan enam kekalahan. Kemudian disusul Manchester City yang harus tunduk sebanyak lima kali. Lalu ada Chelsea dan Manchester United yang sama-sama menelan kekalahan tiga kali.

Liverpool menjadi tim yang paling sedikit kalah dari Barcelona. Dari total empat pertemuan, The Reds menelan dua kekalahan, satu imbang, serta satu kekalahan. Pertemuan terakhir keduanya terjadi pada musim 2006-07.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.