Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Lolos 16 Besar, Liverpool Lewati Rekor Manchester United

93

Football5star.com, Indonesia – Kemenangan 7-0 Liverpool atas Spartak Moskwa memastikan langkah tim asuhan Juergen Klopp ke babak 16 besar Liga Champions. Torehan ini merupakan yang pertama kalinya dalam delapan musim belakangan.

Terakhir The Reds melangkah ke babak gugur turnamen antarklub paling elit di Eropa tersebut terjadi di musim 2008-09. Kala itu, perjalanan mereka pada akhirnya harus terhenti di perempat final usai disingkirkan Chelsea dalam drama dua leg. Sementara di musim 2009-10 dan 2014-15, perjuangan klub pujaan publik Anfield tersebut hanya sampai fase awal.

Liverpool vs spartak moskow (twitter @LFC)
twitter.com/LFC

Lolosnya Philippe Coutinho dkk juga menorehkan catatan tersendiri. Liverpool menjadi tim Inggris paling subur selama fase grup sepanjang sejarah Liga Champions. Dari enam pertandingan yang mereka lakoni, sudah 23 gol disarangkan ke gawang lawan. Termasuk dua kemenangan tujuh gol atas Maribor dan Spartak.

Jumlah gol tersebut melampaui pencapaian Manchester United pada musim 1998-98. Kala itu, David Beckham dkk mampu membukukan 20 gol selama babak penyisihan. Setan Merah lantas keluar sebagai yang terbaik setelah di partai puncak secara dramatis menjungkalkan wakil Jerman, Bayern Munich.

Liverpool kembali ke Liga Champions setelah musim lalu finis di peringkat keempat klasemen akhir Premier League. Memulai perjuangan dari babak play-off, kini The Reds dengan mantap melenggang sebagai juara grup. Pada babak selanjutnya, mereka berpeluang bertemu tim-tim unggulan seperti Bayer Munich, Juventus, hingga sang juara bertahan, Real Madrid.