Penggunaan VAR di Liga Champions Bisa Dipercepat

Football5star.com, Indonesia – Penggunaan VAR di Liga Champions yang rencananya akan diterapkan musim depan, bisa dipercepat. Wacana ini dikemukakan langsung oleh Presiden UEFA, Aleksander Ceferin dalam sebuah konferensi pers.

Awalnya, UEFA menolak penggunaan teknologi bantuan video tersebut diterapkan musim ini. Akan tetapi, setelah mendapat masukan dari beberapa pihak, penggunaan VAR musim ini bisa jadi bahan pertimbangan badan tertinggi sepak bola Eropa tersebut.

“Ketua Dewan Wasit kami, Roberto Rosetti telah bekerja sangat baik bersama timnya. Ada beberapa bahasan penting yang mengemuka beberapa waktu belakangan. Dari mulai wasit, hingga berbagai aspek teknis lainnya,” katanya seperti dikutip dari Reuters.

“Jika semuanya berjalan sesuai skema, paling telat penggunaannya sudah akan pasti dilaksanakan minggu depan. Sebelum itu, akan diadakan beberapa simulasi untuk melihat sejauh mana konsep ini efektif membantu di Liga Champions,” lanjutnya.

Piala Asia 2019 dipastikan menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR). Teknologi VAR digunakan saat memasuki babak perempat final - Football5star - engadget
engadget

Sementara itu, ketua asosiasi klub-klub Eropa, Andrea Agnelli, mengisyaratkan penggunaanya musim ini. “Maksudnya paling lambat musim depan, artinya akan ada beberapa pertandingan yang menggunakan VAR di Liga Champions musim ini,” katanya.

VAR telah lumrah digunakan pada beberapa liga top Eropa. Dari empat liga terkemuka di Benua Biru, hanya Inggris yang baru akan menerapkannya musim depan. Sementara Italia (Serie A), Jerman (Bundesliga), dan Spanyol (LaLiga) sudah melakukannya sejak lama.

Sementara kejuaraan-kejuaraan internasional juga sudah melalukan hal ini untuk mempermudah kinerja wasit. Piala Konferensi 2017 dan Piala Dunia 2018 jadi salah satu contohnya.

Comments
Loading...