Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Top Skorer Piala Dunia U-17 2017 Jadi Korban Perilaku Rasis

112

Football5star.com, Indonesia – Kapten Tim U-19 Spartak Moskow, Leonid Mironov dilaporkan oleh pihak Liverpool karena melakukan tindakan rasis kepada pemain andalan mereka, Rhian Brewster. Tindakan tersebut dilakukan saat kedua tim bertemu dalam ajang Uefa Youth League di Prenton Park, Jumat (7/12/2017).

spartak rasis (guardian.com)_cr
guardian.com

Akibatnya, badan sepak bola Eropa mengambil tindakan tegas atas insiden yang mencederai sportivitas tersebut.  Melalui situs resmi uefa.com, mereka mengumumkan akan menginvestigasi dugaan perilaku rasis tersebut.

“Proses disipliner telah diadakan setelah pertandingan penyisihan Grup UEFA Youth League antara Liverpool FC Youth dan FC Spartak Moskva Youth (2-0), dimainkan pada 6 Desember di Inggris. Perilaku rasis – pemain Leonid Mironov – Pasal 14 dari Peraturan Disiplin,” bunyi pernyataan UEFA melalui situs resmi mereka, Kamis (7/12/2017).

Menurut The Guardian, mengacu pada regulasi UEFA, Mironov bakal terjerat sanksi hukuman larangan bermain paling minimal sepuluh pertandingan jika benar-benar terbukti bersalah.

“Setiap orang yang menghina martabat manusia dari seseorang atau sekelompok orang atas dasar apa pun. Termasuk warna kulit, ras, agama atau asal etnis akan mendapatkan penangguhan yang berlangsung setidaknya 10 pertandingan. Atau jangka waktu tertentu, atau sanksi lain yang sesuai.”

Kejadian tersebut bukan yang pertama kali dialami oleh pasukan Steven Gerrard. Sebelumnya, mereka juga melaporkan tindakan pelecehan rasial oleh fans Spartak kepada rekan Rhian Brewster, Bobby Adekanye, September lalu.