UEL2, Turnamen Antarklub Eropa Terbaru

Football5star.com, Indonesia – UEFA mengeluarkan keputusan baru. Mereka membuat UEL2, turnamen antarklub terbaru di bawah Liga Champions dan Liga Europa.

Berjumlah 32 klub, UEL2 nantinya akan dimulai pada 2021. UEFA sendiri belum memutuskan nama turnamen dan masih akan menggunakan nama UEL2. 32 klub akan dibagi ke dalam delapan grup yang artinya satu grup akan berjumlah empat klub. Dua klub teratas akan lolos ke babak 16 besar. Namun, sebelum masuk ke babak 16 besar, akan ada play-off tambahan yang mempertemukan runner up UEL 2 dengan peringkat ketiga Liga Europa. Pertandingan UEL2 nantinya akan dimainkan setiap Kamis malam atau jumat dini hari waktu Indonesia.

Menurut Aleksander Ceferin, keputusan untuk membuat turnamen baru adalah demi mengubah stigma ekslusifitas turnamen antarklub Eropa. Ia ingin turnamen antarklub Eropa lebih inklusif dan menarik.

“Kompetisi klub UEFA baru (UEL2) membuat kompetisi klub UEFA lebih inklusif daripada sebelumnya,” ungkapnya dikutip Footballstar dari The Guardian.

Pelatih Crvena Zvezda Jagokan Liverpool Juara Liga Champions
uefa.com

Turnamen anyar ini lahir karena adanya tuntutan dari klub-klub di Eropa agar bisa berpartisipasi di turnamen antarklub di Eropa. demi mengakomodir keinginan tersebut, federasi sepak bola Eropa itu memutuskan untuk membentuk turnamen baru.

“Akan ada lebih banyak pertandingan untuk lebih banyak klub dan lebih banyak asosiasi di turnamen ini. Turnamen ini lahir dari dialog yang berkelanjtukan dengan klub melalui European Club Association (ECA).

“Ada permintaan yang luas dari semua klub untuk meningkatkan peluang mereka untuk berpartisipasi secara lebih teratur dalam turnamen Eropa,” pungkasnya.

Kabar baik ini disambut gembira oleh Ketua ECA, Andrea Agnelli. Ia menghargai keputusan UEFA yang menerima ide dari klub-klub di Eropa. “Saya senang bahwa Komite Eksekutif UEFA telah menyetujui perubahan yang telah diminta oleh klub anggota ECA,” ungkapnya.

Comments
Loading...