Liga di Dunia Berantakan, FIFA Bolehkan Bursa Transfer Digeser

Football5Star.com – FIFA membolehkan bursa transfer pemain digeser lantaran liga dunia berantakan akibat virus corona. Mereka akan fleksibel sambil menanti perkembangan terbaru terkait pandemi ini.

Seperti diketahui, virus corona yang jadi masalah global berdampak besar ke dalam sepak bola. Nyaris seluruh kompetisi di dunia dihentikan akibat virus mematikan tersebut. Tentu hal ini membuat susunan jadwal, baik kompetisi, pendaftaran pemain, dan lain-lain berantakan.

Oleh karena itu, FIFA mengakui sangat terbuka dalam penentuan keputusan transfer, termasuk kapan dimulainya bursa pemain. Asosiasi sepak bola masing-masing bisa mengajukannya ke bidang kompetisi FIFA.

Chelsea - FIFA - Embargo Transfer - The Guardian

“FIFA akan fleksibel dan akan memungkinkan jendela transfer yang relevan untuk dipindahkan sehingga bisa saja di antara akhir musim lama dan awal musim baru,” tulis pernyataan FIFA dikutip laman resmi AFF.

“Pada saat yang sama, FIFA akan berusaha memastikan, jika memungkinkan, tingkat koordinasi secara keseluruhan mengingat perlunya melindungi keteraturan, integritas dan berfungsinya kompetisi, sehingga hasil olahraga dari kompetisi apa pun akan adil,” lanjut pernyataan itu.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, sebelumnya menyebut kalau sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam memberikan pedoman-pedoman di masa-masa seperti ini. Mereka jua bicara dengan perwakilan klub, pemain, liga, asosiasi sepak bola, dan konfederasi.

“Pandemi COVID-19 jelas telah mengubah semua keadaan faktual di sekitar sepak bola untuk musim ini. Jadi, FIFA, bersama-sama dengan para pemangku kepentingan, memunculkan beberapa ide dan proposal praktis untuk mengatasi keadaan ini,” bilang Infantino.