Liga Europa: Atasi Celta Vigo, Ajax Selangkah Lagi Kunci Tiket Ke 32-Besar

Ajax tak menemui kesulitan berarti untuk memetik tiga poin penuh saat menjamu Celta Vigo dalam lanjutan fase grup Liga Europa yang berlangsung Jumat (4/11) dini hari tadi.

Setelah unggul tiga gol lebih dahulu, Ajax justru lengah pada 15 menit akhir babak kedua. Terbukti Celta mampu mencuri dua gol yang membuat publik Amsterdam ArenA ketar-ketir pada menit-menit akhir.

Ajax baru bisa memecah kebuntuan di pengujung babak pertama. Kerja sama apik Bertrand Traore dan Kasper Dolberg sukses membawa tuan rumah unggul 1-0.

Kedua pelatih sama-sama tidak mengganti pemain mereka pada jeda turun minum. Peter Bosz dan Eduardo Berizzo masih yakin dengan susunan pemain mereka di babak pertama.

Dolberg membuktikan bahwa dirinya pantas untuk diwaspadai oleh para pemain bertahan Celta Vigo. Baru tujuh menit babak kedua berjalan, penyerang asal Denmark tersebut hampir mencetak gol.

Semenit kemudian, giliran Lasse Schone yang hampir menggandakan keunggulan Ajax. Sayang bola tendangan bebas kirimannya masih melambung tipis di atas gawang Celta. Lima menit kemudian Joel Veltman melepaskan tembakan keras dari jarak 30 meter, namun sayang usahanya gagal setelah bola tembakannya membentur kaki pemain lawan.

Pada menit ke-67, Ajax akhirnya sukses memperlebar keunggulan atas Celta Vigo. Traore menutup aksi individu yang dilakukannya dengan umpan manis kepada Hakim Ziyech, yang berhasil mengonversi operan tersebut menjadi gol.

Tidak sampai lima menit setelah gol kedua, tim tuan rumah kembali memaksa Blanco memungut bola dari dalam gawangnya. Amin Younes mengakhiri usahanya dalam melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti dengan sebuah tembakan melengkung. 3-0 untuk Ajax.

Unggul tiga gol sepertinya membuat para pemain Ajax lengah. Berkat aksi dua pemain pengganti, John Guidetti dan Iago Aspas, Celta Vigo sukses memperkecil ketertinggalan pada menit ke-79.

Para penggawa Ajax sepertinya benar-benar hilang fokus setelah unggul tiga gol. Empat menit sebelum waktu normal habis, Aspas sukses membawa Celta Vigo memangkas ketertinggalan melalui aksi individunya pada menit ke-86.

Tambahan waktu tiga menit tak mampu dimaksimalkan Celta untuk mencetak gol penyeimbang.

Hasil ini membuat Ajax tetap kokoh di puncak klasemen sementara Grup G dengan sepuluh poin, hasil tiga menang dan sekali imbang. Sementara Celta Vigo harus rela tetap berada di peringkat kedua dengan koleksi lima poin.

Susunan Pemain

Ajax: Onana; Veltman, Riedewald, Sanchez, Klaassen, Ziyech (Gudelj 78’), Sinkgraven, Schone, Traore, Younes, Dolberg (Casierra 83’).

Celta Vigo: Ruben Blanco; Mallo, Fontas, Planas, Sergi Gomez, Diaz, Radoja, Sene (Aspas 71’), Lemos (Wass 54’), Rossi (Guidetti 78’), Bongonda.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More