Liga Europa: Ditahan Astra, Roma Lolos Sebagai Juara Grup E

AS Roma memastikan diri lolos ke babak 32-Besar Liga Europa sebagai juara Grup E meski ditahan Astra Giurgiu di Stadion Arena Nationala, Kamis (8/12).

Tampil di depan para pendukungnya, Astra mengawali laga dengan baik. Kapten tuan rumah, Cristian Sapunaru melepaskan tembakan jarak jauh yang belum menemui sasaran pada menit ke-13.

Roma balik mengancam dua menit berselang. Tendangan bebas Francesco Totti melambung tipis di atas gawang Astra.

Jelang turun minum, kiper Roma, Alisson Becker melakukan penyelamatan apik. Dia berhasil menepis sepakan mendatar Denis Alibec.

Babak pertama akhirnya ditutup dengan skor imbang tanpa gol.

Gawang Roma bergetar pada menit ke-55. Alibec sukses mencetak gol, namun golnya dianulir wasit lantaran lebih dulu melakukan pelanggaran terhadap Emerson Palmeiri.

Lima menit kemudian, Astra kembali menciptakan peluang. Sundulan Florin Lovin dapat dengan mudah diamankan oleh Alisson.

Memasuki menit ke-62, Roma mendapatkan kesempatan bagus untuk mencetak gol. Stephan El Shaarawy yang berada di kotak penalti Astra gagal menaklukkan penjaga gawang Silviu Lung Jr.

Astra membalas serangan Roma tiga menit kemudian, namun Alisson kembali melakukan penyelamatan dengan membendung sepakan lemah Takayuki Seto.

Pertahanan Roma kembali digempur. Astra kembali membuang peluang setelah upaya Filipe Teixeira dari luar kotak penalti Roma gagal memperdaya Alisson.

Roma finis di puncak klasemen Grup E dengan 12 poin atau unggul empat angka atas Astra yang juga lolos ke babak selanjutnya dengan status runner-up.

Dari pertandingan lain di Grup E, Viktoria Plzen sukses mencatatkan kemenangan 3-2 saat menjamu Austria Wina di Doosan Arena Plzen. Hasil tersebut tidak mengubah posisi Plzen dan Wina yang tersingkir usai menempat dua posisi terbawah.

AS RomaAstra GiurgiuAstra Giurgiu vs AS RomaLiga Europa