Liga Europa: Perjalanan Sevilla Raih Gelar keenam Usai Tekuk Inter Milan

Football5Star.com, Indonesia – Sevilla sukses kembali keluar sebagai juara Liga Europa usai menang 3-2 atas Inter Mlan di RheinEnergieStadion, Sabtu (22/8/2020) dini hari WIB. Perjalanan mereka dari fase grup sampai akhirnya jadi kampiun terbilang tak mudah.

Sebenarnya, dalam laga itu Sevilla sempat tertinggal lebih dahulu lewat gol penalti Romelu Lukaku pada menit kelima. Namun, dua gol Luuk de Jong menit ke-12 dan ke-33 membuat Los Nervionenses berbalik unggul. Inter sempat menyamakan kedudukan melalui Diego Godin, sebelum akhirnya gol buntuh diri Lukaku menit ke-74 membawa mereka jadi jawara.

Luuk de jong - Sevilla - Julen Lopetegui - uefa. com

Keberhasilan ini membuat Sevilla menjadi pemenang gelar Liga Europa terbanyak dengan enam titel. Sebelumnya mereka sukses juara musim 2005-2006, 2006-2007, 2013-2014, 2014-2015, 2015-2016, dan 2019-2020.

Mulus di Grup, Nyaris Tersingkir di 32-besar

Main di Liga Europa karena finis di urutan keenam LaLiga, Sevilla masuk ke dalam grup A bersama APOEL, Qarabag, dan F91 Dudelange. Tanpa masalah berarti, pasukan Julen Lopetegui nyaris menyapu bersih semua partai dengan kemenangan, hanya kalah sekali dari APOEL, itu pun pada laga tak menentukan.

Tak sampai di situ, Sevilla jua sangat impresif sepanjang fase Grup A. Mereka mencetak 14 gol dalam enam laga dan cuma kejebolan tiga gol, serta meraih empat clean sheet.

Sevilla harus siap menjalani final Liga Europa ketiga yang tak usai dalam 90 menit.

Lolos dengan status juara Grup A, dalam babak 32-besar mereka menjalani pertandingan yang kurang baik. Bersua tim Romania, CFR Cluj, yang di atas kertas masih di bawahnya, Sevilla justru nyaris saja gagal melaju ke babak 16-besar. Mereka hanya main imbang 1-1 di markas Cluj dan tanpa gol di kandang sendiri. Alhasil, Los Nervionenses melaju berkat agresivitas gol tandang.

Pandemi COVID-19 akhirnya membuat UEFA mengubah format dari babak 16-besar. Semua partai sampai final berstatus home tournament, digelar di Jerman hanya dengan satu pertandingan. Mereka bersua AS Roma dan menang meyakinkan 2-0 berkat gol Sergio Reguilon dan Youssef En-Nesyri.

Pada perempat final, mereka bersua wakil Inggris, Wolverhampton Wanderers. Mereka sempat dibuat kesulitan oleh WOlves sampai akhirnya gol Lucas Ocampos menit ke-88 membawa mereka ke semifinal. Tapi, tantangan mereka di semifinal kian sulit.

Sevilla vs Manchester United Kena Comeback, The Red Devils Gagal ke Final

Sevilla melawan salah satu kandidat juara, Manchester United. Sempat tertinggal lewat gol Bruno Fernandes menit kedelapan, Los Nervionenses berhasil comeback via Suso dan Luuk de Jong. Hingga akhirnya mereka jua melakukan hal serupa melawan Inter dan juara.

Statistik Sevilla di Liga Europa 2019-2020:

Pertandingan: 12
Menang: 9
Seri: 2
Kalah: 1
Cetak Gol: 23
Kebobolan 7
Cleansheets: 7
Rata-rata cetak gol: 1,92
Rata-rata kejebolan: 0,58

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More