Dinyatakan Bersalah, Hidayat Dihukum Komdis PSSI

Football5star.com, Indonesia – Kasus pengaturan skor yang terjadi di Liga 2 berbuntut panjang. Hidayat, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, dinyatakan terbukti bersalah oleh Komite Disiplin (Komdis) PSSI. Akibatnya, dia dijatuhi sanksi berat.

Dugaan pengaturan skor terjadi kala Madura FC bertandang ke markas PSS Sleman. Menjelang pertandingan, Januar Herwanto, Manajer Madura FC, mengaku diminta mengalah oleh Hidayat. Isu pengaturan skor tersebut terbongkar dalam sebuah acara yang disiarkan di stasiun televisi swasta, Mata Najwa.

Kepastian hukuman dari Komdis disampaikan oleh Wakil Ketua Komdis PSSI, Umar Husein. Dilansir Football5star dari CNN, Umar menyebut Komdis PSSI memberikan tiga hukuman kepada Hidayat.

“Betul (Hidayat mendapatkan sanksi dari Komdis PSSI), dilarang beraktivitas dalam sepak bola Indonesia selama tiga tahun dan larangan dua tahun dilarang masuk stadion. Jadi, ada tiga denda: denda Rp150 juta, dilarang aktivitas sepak bola, dan dilarang masuk stadion,” kata Umar.

diduga terlibat pengaturan skor, hidayat mundur sebagai exco pssi
cnnindonesia

Meskipun begitu, Komdis PSSI menyebut belum ada hitam di atas putih karena menunggu surat resmi dari PSSI. Ia juga menyebut, untuk urusan pengawasan, ia menyerahkan ke PSSI karena menurutnya itu masuk dalam ranah PSSI. Hukuman tersebut mulai berlaku pada Selasa (4/12) hari ini.

“Menunggu sekretariat PSSI. (Untuk urusan) Itu (pengawasan hukuman Hidayat) urusan federasi (PSSI),” tambahnya.

Semantara itu, Hidayat juga telah memutuskan untuk mundur dari Exco PSSI. Pengunduran diri Hidayat membuat anggota Exco jadi 14 orang.

“Saya menyatakan mengundurkan diri dari anggota Exco. Ini konsekuensi. Saya akan mundur jika dinyatakan bersalah oleh Komdis. Saya merenung setelah melihat proses, ada fakta yang saya pahami. Saya pikir, saya tidak perlu menunggu proses itu. Komdis biar berjalan, saya tinggalkan status saya sebagai anggota Exco, saya minta disidang sebagai Hidayat,” kata Hidayat dikutip Football5star dari laman resmi PSSI.

Comments
Loading...