Silvio Escobar Ingin Dinaturalisasi Menjadi WNI

116

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Kabar bahwa penyerang asing Perseru, Silvio Escobar, segara menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), ternyata benar adanya. Dilansir dari Indosport, Escobar menceritakan prosesnya untuk segera menjadi WNI.

“Saya sudah ajukan prosesnya sejak awal tahun 2018 ini. Kalau semua lancar, seharusnya di bulan November atau akhir (Desember) tahun nanti saya sudah menjadi WNI,” ujar Escobar dikutip dari Indosport.

Penyerang 32 tahun ini sendiri sebenarnya masih simpang-siur terkait lama waktu tinggalnya di Indonesia. Bila mengacu kepada aturan pemerintah di Undang-Undang No. 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Indonesia, minimal harus tinggal selama 5 tahun di Indonesia. Walau Escobar bilang ia sudah bermain di sini sejak 2013, situs Transfermarkt melansir bahwa dia baru bermain di Liga Indonesia per tahun 2014 bersama Madura United.

Kendati kini ‘hanya’ membela tim papan bawah seperti Perseru, Escobar sebenarnya bukan penyerang medioker. Dirinya tercatat pernah membela panji beberapa klub besar seperti PSM Makassar dan Bali United. Selain itu, kini ia tercatat sebagai kapten tim Perseru di Go-Jek Liga 1 2018.

Escobar
Foto: baliutd.com

Sejak musim lalu, penyerang asli Paraguay ini selalu menjadi andalan Perseru di Liga 1. Dia tampil di semua laga Perseru sebanyak 34 laga dan menggelontorkan 10 gol. Selain itu, dia masih menjadi andalan di musim ini dengan total penampilan di 19 laga dan sukses cetak 6 gol. Kepindahan sementara Arthur Bonai ke Persija bahkan memberinya ban kapten sejak awal musim.

Saat ini sendiri, sudah cukup banyak penyerang naturalisasi di Indonesia. Selain Beto Goncalves yang membela timnas di Asian Games 2018, masih ada Ilija Spasojevic dan Herman Dzumafo. Juga jangan lupakan nama winger Madura United, Greg Nwokolo, yang sudah lama absen dari skuat timnas.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.