Gede Widiade Sebut Banyak Pengurus yang Tidak Mengerti Bola

Football5star.com, Indonesia – Direktur Persija Jakarta, Gede Widiade, memberikan pandangannya soal apa yang harus dilakukan demi memperbaiki sepak bola Indonesia. Ia menyatakan cita-cita itu harus dimulai dari pengurus.

Pengurus yang dimaksud Gede meliputi pengurus klub dan PSSI sebagai federasi tertinggi. Menurutnya, manajemen sepak bola domestik menjadi carut marut karen kurangnya kapabilitas dan komitmen dari para perangkat.

“Untuk mengurus bola di Indonesia, syaratnya ada tiga. Pertama orang itu harus tahu regulasi, tahu bisnis, dan punya waktu untuk mengurus. Ini yang tidak dimiliki mayoritas pengurus klub dan federasi,” katanya dalam diskusi yang berlangsung di Kemang pada Jumat (30/11) sore.

Djajang Nurdjaman - Borneo FC - Persebaya
persebaya.id

Pria yang juga pernah menjadi pengurus Persebaya Surabaya tersebut menambahkan, beberapa klub sudah mulai bergerak ke arah industri. Tinggal bagaimana kemajuan serupa juga ditiru oleh sisa klub lain di tanah air.

“Sekarang ini beberapa klub sudah ada yang punya orientasi ke arah bisnis. Ada Endri (Erwanto) di Mitra Kukar, Pieter (Tanuri) di Bali United, kemudian ada Azrul (Ananda) di Persebaya. Ini sudah bagus dan harus dikembangkan,” tambahnya.

“Kemudian juga selama ini tidak ada singkronisasi yang jelas antara pengurus di klub, liga, dan PSSI. Jadi kalau ditotal klub yang siap bersaing belum mencapai 60 persen. Padahal ini harus dimulai sedini mungkin untuk bisa sustain,” kata Gede lagi.

 

Comments
Loading...