Ingin Jadi WNI, Ini Syarat Yang Harus Dipenuhi Simic

Football5star.com, Indonesia – Baru sebulan lebih berada di tanah air, striker haus gol milik Persija Jakarta, Marko Simic sudah siap untuk membela Timnas Indonesia. Penyerang asal Kroasia itu mengaku siap dinaturalisasi dan meninggalkan kewarganegaraan lamannya.

Hal tersebut diungkapkannya seusai pertandingan final Piala Presiden 2018 antara Persija melawan Bali United FC di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (17/2/2018). Pada laga tersebut, Simic menciptakan dua gol dan mengantarkan Macan Kemayoran meraih juara turnamen pramusim tersebut.

“Bila saya diminta PSSI untuk bermain di Timnas Indonesia, itu akan menjadi kebanggaan. Bermain untuk timnas merupakan kehormatan bagi pemain sepak bola. Kalau Indonesia membutuhkan, saya ada di sini,” ucapnya saat ditemui di GBK.

Simic harus memenuhi beberapa syarat untuk menjadi Warga Negara Indonesia. Sesuai regulasi, sang pengaju harus sudah berumur 18 tahun. Kriteria tersebut tentu sudah pasti bisa dilewati sang pemain mengingat usianya yang telah berumur 30 tahun.

Namun ada dua syarat lainnya yang bisa mengganjal Simic untuk jadi WNI. Pertama, eks pemain Melaka United tersebut harus fasih berbahasa nasional Indonesia. Kedua, Dia harus pernah tinggal di Indonesia selama lima tahun berturut-turut.

Di sisi lain, Timnas Indonesia juga kini sudah punya satu striker naturaliasi yaitu, Ilija Spasojevic. Pemain asal Bali United tersebut bisa saja jadi batu sandungan bagi Simic untuk bergabung Timnas.

Terlebih, Indonesia kini juga butuh talenta muda lokal berbakat untuk menjadi striker timnas. Mari kita simak kiprah perjuangan Simic untuk membela Timnas Indonesia kedepannya.

 

Comments
Loading...