Kalah Adu Penalti, Timnas U-19 Gagal ke Final

143

Football5star.com — Perjalanan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 dipastikan berakhir. Menghadapi Malaysia di semifinal, Kamis (12/7/2018) malam WIB, anak asuh Indra Sjafri tersebut gagal meraih kemenangan usai menelan kekalahan lewat adu penalti 2-3 (1-1).

Timnas U-19 dan Malaysia bermain terbuka sejak laga dimulai. Belum genap dua menit, Timnas U-19 mendapatkan hadiah penalti setelah pemain Malaysia melanggar Saddil Ramdani. Egy Maulana Vikri yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan peluang itu untuk menjadi gol.

Rafli Mursalim (Timnas U-19 Indonesia) saat merayakan gol ke gawang Timnas U-19 Kamboja

Ketinggalan satu gol membuat Malaysia langsung bermain menekan. Memanfaatkan kombinasi antara akurasi umpan dan apiknya pergerakan, mereka membuat pertahanan Indonesia mulai kedodoran.

Tak butuh waktu lama, Malaysia menyamakan kedudukan di menit ke-14. Berawal dari sebuah sepak pojok, Muhammad Syaiful, yang tak terkawal, melepaskan sundulan ke sisi yang tak mampu dihalau oleh Muhammad Riyandi.

Timnas U-19 memiliki beberapa momen untuk mengubah kedudukan. Semisal lewat sepakan Saddil yang mengenai mistar saat pertandingan memasuki menit ke-20. Bola muntah gagal dimanfaatkan rekan setimnya yang lain.

Egy memiliki peluang untuk menambah koleksi gol. Namun, percobaan yang dilepaskan oleh pemain Lechia Gdansk tersebut gagal menjadi gol setelah mampu dihalau oleh kiper Malaysia, Muhammad Azri. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama laga ini usai.

Indra coba menambah agresivitas anak asuhnya saat laga memasuki babak kedua. Salah satu caranya adalah memasukkan Todd Rivaldo Ferre untuk menggantikan Rafli Mursalim. Masuknya Ferre membuat serangan Timnas U-19 begitu cair.

Namun demikian, buruknya penciptaan peluang masih jadi persoalan Timnas U-19. Beberapa kali tekanan yang dibuat oleh Witan Sulaeman dkk. cenderung mudah ditebak oleh pemain belakang Malaysia yang disiplin.

Malaysia memanfaatkan itu dengan menggunakan serangan balik sebagai tumpuan. Nik Aktif bahkan hampir membukukan namanya di papan skor setelah melepaskan sepakan terarah. Untungnya, Riyandi dengan sigap meninju bola.

Hingga peluit panjang tanda berakhirnya laga ditiupkan, tak ada gol tambahan. Buruknya penciptaan peluang yang diciptakan oleh kedua kesebelasan membuat laga harus dilanjutkan ke adu penalti.

Dalam adu penalti, hanya dua eksekutor Timnas U-19 yang berhasil menceploskan bola ke gawang Malaysia, yakni Luthfi Kamal dan Ferre. Sementara, tiga dari empat penendang Malaysia, Shivan Pilay, Nabil Hakim, dan Aktif berhasil yang sekaligus membuat Malaysia ke final.

Timnas Indonesia U-19: Muhammad Riyandi (kiper); Firza Andika, Kadek, Nurhidayat, Asnawi Mangkualam (belakang); M. Rafi, Egy Maulana Vikri, Syahrian Abimanyu; Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Rafli Mursalim

Malaysia U-19: Muhammad Azri; Shivan Pilay, Muhammad Anwar, Nabil Hakim, Muhammad Syaiful; Muhammad Zahril Azri, Muhammad Nurfais, Nik Akif Syahkan; Thivandaran Karnan, M. Nizamuddin Jazi; M. Hadi Fayyadh


Jangan lupa ikutan kuis Football5star.com. Prediksi skor pertandingan Piala Dunia 2018 dengan kesempatan membawa pulang Mobil Honda Brio, Motor Honda Vario, Motor Honda Beat, dan banyak lagi hadiah menarik. Buruan daftar di kuis.football5star.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.