Kronologis Tewasnya Jakmania Jelang Laga Persib vs Persija

Football5star.com, Indonesia – Cerita pilu hadir di tengah-tengah panasnya duel Persib vs Persija, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Minggu (23/9). Seorang pemuda yang diketahui sebagai Jakmania tewas menjadi korban aksi pengeroyokan oknum suporter.

Pria yang meregang nyawa jelang jelang laga Persib vs Persija itu diketahui bernama Haringga Sirila, Jakmania berusia 23 tahun asal Cengkareng, Jakarta Barat. Korban meninggal akibat dikeroyok segelintir oknum suporter di area parkir GBLA, sekitar pukul 13.00 WIB.

Sumber yang didapat dari Polrestabes Bandung membeberkan kronologi peristiwa Jakmania tewas sebelum kick-off Persib vs Persija tersebut. Berikut rangkumannya, seperti dikutip Football5star.com dari Vikingpersib:

  • Menurut keterangan dari suporter yang berada di GBLA, pukul 13.00 WIB di luar stadion GBLA tepatnya di area parkir gerbang biru, ada satu orang yang dikejar oleh massa.
  • Kerumunan orang tersebut berteriak bahwa orang yang dikejar adalah pendukung Persija Jakarta.
  • Korban yang dikejar sempat meminta tolong kepada tukang bakso, namun kerumunan mengeroyok korban dengan menggunakan balok kayu, piring, botol dan benda-benda lainnya sehingga korban meninggal dunia.
Kronologis Pengungkapan:
  • Kejadian pengeroyokan tersebut direkam oleh salah satu suporter yang menyaksikan kejadian tersebut.
  • Anggota Satreskrim Polrestabes Bandung yang melaksanakan pamtup di area GBLA mengambil video tersebut dan mengamati ciri-ciri para tersangka.
  • 5rSetelah mengamati ciri-ciri tersangka, anggota Satreskrim melaksanakan penyisiran dan mengamankan enam orang yang diduga tersangka dan satu orang sebagai saksi kunci.

Tindakan kepolisian

  • Polisi telah mendatangi dan melaksanakan olah TKP.
  • Polisi mengamankan barang bukti di TKP ke Mako Satreskrim Polrestabes Bandung.
  • Polisi menangkap enam orang yang diduga sebagai tersangka dan satu orang saksi untuk dilakukan pemeriksaan.
  • Polisi membawa jenazah ke RS Sartika Asih untuk dilakukan autopsi.

Sementra itu, usai laga Persib vs Persija di Stadion GBLA, Kapolrestabes Bandung, Irman Sugema, mengaku baru mendapat informasi terkait kejadian tersebut dari Kasatreskrim Polrestabes Bandung. Namun, pihaknya akan mendalami lebih lanjut.

“Jadi saya belum dapat laporan lengkap masih sedang ditangani, kalau saya dengar memang ada insiden pengeroyokan di luar stadion tapi ternyata di lapangan parkir,” ujar Irman kepada wartawan.

Irman memastikan pihaknya sudah mengamankan beberapa orang yang berada di lokasi kejadian Jakmania tewas. Dia berharap pelaku bisa diungkap secepatnya.

“Sudah beberapa orang telah kita amankan, sedang kita lakukan pemeriksaan instensif dari pada saksi supaya bisa diketahui motifnya,” katanya.

Terkait identitas korban apakah suporter atau bukan, Irman belum bisa memastikan. “Masih didalami, kan kita bagi-bagi tugas untuk pengamanan ini, nanti ketika hasil penyelidikan dan penyidikannya jelas kita sampaikan,” paparnya.

Ridwan Kamil Persib vs persija (@Metro_TV)
Twitter @Metro_TV

Di sisi lain, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengakui bahwa korban adalah suporter Persija. Melalui akun Instagram pribadinya, Kang Emil -sapaan akrabnya- menulis ucapan belasungkawa.

“Saya sangat berduka cita atas meninggalnya suporter Persija atas nama Haringga Sirilla, warga Cengkareng tadi siang. Sangat kecewa dan menyesalkan tindakan biadab oknum Bobotoh yang menodai kemenangan tim Persib yg di dapat dgn susah payah,” bunyi penggalan belasungkawa Ridwan Kamil.

Comments
Loading...