Kualitas Penerangan Kandang Persebaya Masih Di Bawah Standar

383

Football5star.com, Indonesia – Kabar baik bagi Bonek, pendukung Persebaya Surabaya! Klub kebanggan mereka bakal menggunakan Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya sebagai home base di Liga 1 mendatang. Pihak PT Liga Indonesia Baru selaku operator menyatakan stadion berkapasitas 50 ribu penonton itu dinyatakan lolos verifikasi.

Namun, lolosnya GBT dibarengi dengan beberapa catatan di beberapa titik. Salah satunya kualitas pencahayaan lampu. Sesua standar AFC, penerangan lampu stadion harus di angka 1.200 LUX. Sedangkan pencahayaan GBT hanya 1.197.

“Standar minimal pencahayaan lampu stadion di lapangan menurut AFC adalah 1.200  LUX,” ucap Somad, staf kompetisi dari PT LIB, dikutip dari situs resmi Persebaya, Sabtu (20/1/2018).

“Jadi, kalau pencahayaan lampu stadion harus memenuhi standar, maka pihak pengelola stadion harus memperbaiki kualitas lampu. Tapi, bisa jadi juga karena pengaturan pencahayaan dari atas ke lapangan yang sudah lama tidak diset ulang,” sambungnya.

Sekretaris Persebaya, Ram Surahman, tak mempermasalahkan tersebut. Dia menyebutkan segala sesuatunya akan dibenahi oleh pihak Pemerintah Kota Surabaya. Pasalnya, stadion tersebut merupakan aset pemerintah, bukan klub.

“Karena saat ini pihak pemerintah kota Surabaya sebagai pemilik stadion sedang bersemangat untuk memperbaiki fasilitas stadion yang dianggap masih kurang,” katanya.

Stadion Gelora Bung Tomo kini sedang menjadi venue Grup C Piala Presiden 2018. Grup tersebut berisikan tuan rumah Persebaya, PS TNI, Perseru Serui, dan Madura United.