PSM Imbang Lawan Bhayangkara, Gelar Juara Mendekat ke Ibu Kota

Football5star.com, Indonesia – PSM Makassar hanya meraih hasil imbang 0-0 saat bertandang ke markas Bhayangkara FC, Senin (3/12/2018). Hasil ini membuat persaingan gelar juara makin seru. Kini gelar Liga 1 2018 justru mendekat ke Persija Jakarta.

Hal ini tak lepas dari posisi dua kandidat juara ini di klasemen. Persija saat ini bertengger di puncak klasemen dengan 59 angka. Sedangkan tambahan satu angka membuat PSM turun ke peringkat kedua dengan 58 poin.

Tak ayal kepastian juara akan dipastikan saat laga terakhir. Pada pekan 34 Persija akan menjamu tim papan bawah Mitra Kukar, sedangkan PSM disaat yang bersamaan harus terbang ke Medan untuk menghadapi PSMS Medan yang butuh kemenangan untuk lolos dari zona degradasi.

Adapun laga di Stadion PTIK sudah berlangsung Panas ketika baru berjalan satu menit. Pelanggaran kerasa Steve Paulle terhadap Paulo Sergio membuat dirinya langsung diganjar kartu kuning. Ini sekaligus menjadi kartu kuning tercepat yang dikeluarkan wasit pada musim ini.

Beban besar PSM yang harus meraih kemenangan untuk kembali ke puncak klasemen justru membuat mereka tampil terburu-buru. Hasilnya banyak peluang yang terbuang sia-sia.

Salah satu peluang yang terbuang didapat melalui sontekan Guy Junior. Namun, tendangannya yang sudah berhadapan langsung dengan Wahyu Tri Nugroho masih bisa dimentahkan kiper Bhayangkara tersebut. Alhasil skor 0-0 menutup babak pertama.

Keadaan tidak banyak berubah pada paruh kedua. PSM tetap menguasai jalannya laga, sedangkan Bhayangkara yang kalah dalam duel lini tengah tidak bisa berbuat banyak. Wahyu Tri kembali harus bekerja keras usai menepis tendangan Muhammad Rachmat pada menit ke-50.

Pelatih Bhayangkara, Simon McMenemy, kemudian melakukan perubahan dengan menurunkan Herman Dzumafo agar timnya keluar dari tekanan. Keputusan ini pun berdampak positif ketika striker naturalisasi itu langsung mendapat peluang pertama.

Akan tetapi upaya pertamanya ini masih bisa dihalau Hilmansyah. Tidak hanya sekali, kiper muda ini kembali menepis tendangan Paulo Sergio yang memanfaatkan bola liar.

Tidak mau kalah dengan Bhayangkara, PSM Makassar juga melakukan pergantian pemain. Ferdinand Sinaga dan Zulham Zamrun dimasukkan untuk menambah daya gedor serangan. Tapi uapaya ini belum membuahkan hasil.

Susunan Pemain:

Bhayangkara FC (4-3-2-1): 1-Wahyu Nugroho; 2-Putu Gede, 27-Indra Kahfi (32-Nurhidayat 46′), 3-Vladimir Vujovic, 5-Muhammad Rochman; 23-Wahyu Subo Seto, 89=Lee Yuu Joon, 18-Adam Alis (17-Alsan Sanda 79′); 7-Vendri Mofu (99-Herman Dzumafo 59′), 80-Paulo Sergio; 29-Elio Martins
Pelatih: Simon McMenemy

PSM Makassar (4-3-3): 97-Hilman Syah; 2-Wijaya (14-Asnawi 76′), 86-Steve Paulle, 28-Abdurrahman, 15-Hasyim Kipuw; 10-Mark Klok, 19-Rizki Pellu, 8-William Pluim; 11-Muhammad Rachmat, 29-Alessandro Ferreira (6-Ferdinand Sinaga 73′), 39-Guy Junior (7-Zulham Zamrun 59′)
Pelatih: Robert Rene Albert

Comments
Loading...