Begini Cara Membangun Timnas yang Kompetitif

110

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Legenda sepak bola Indonesia, Ponaryo Astaman, memberikan tips kepada PSSI mengenai cara membangun timnas yang kompetitif. Menurutnya, para pemain muda harus mendapatkan jam terbang yang cukup di level internasional.

Ponaryo mengatkan bahwa jam terbang dari setiap pemain akan menjadi hal penting untuk membentuk mental yang kuat. Dengan mental yang kuat, maka ia yakin timnas Indonesia akan meraih kesuksesan di masa depan.

Timnas U23 indonesia latihan“Untuk membentuk mental pemain, butuh jam terbang yang cukup di level internasional. Mereka harus terbiasa merasakan atmosfer pertandingan timnas,” kata Ponaryo di acara diskusi Bedah Timnas Indonesia di Asian Games 2018 & Warisannya Untuk Masa Depan Sepak Bola Kita.

“PSSI sebagai federasi juga harus menambahkan agenda uji coba internasional. Karena, ada beberapa aspek permainan yang tak dapat dilatih. Jadi, pemain harus mendapatkan jam terbang yang cukup agar dapat menghadapi berbagai situasi di lapangan. Bahkan, ketika menghadapi tim-tim kuat sekalipun,” lanjut mantan penggawa Borneo FC itu.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mengapresiasi langkah PSSI yang menggalakkan pembinaan pemain muda. Menurutnya, hal tersebut penting untuk dilakukan demi memastikan pemain-pemain berkualitas akan bermain di timnas senior.

“Saya senang karena PSSI mulai ada inisiasi untuk mengadakan kompetisi U16 dan U19. Karena disitu kita dapat melihat bibit-bibit muda bisa dilatih untuk memperkuat timnas senior di kemudian hari.”

Get real time updates directly on you device, subscribe now.