Usaha PSSI Untuk Memaksimalkan Pembinaan Pemain Muda

130

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Sekertaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha, mengungkapkan rencananya untuk menggalakkan pembinaan pemain muda. Menurutnya, pemain muda di Indonesia harus mendapatkan kompetisi yang sesuai dan kompetitif.

Saat ini, timnas U16 sedang berlaga di ajang Piala AFF. Sebelumnya, Tisha juga mengatakan bahwa timnas U16 yang sedang berkompetisi akan menjadi tulang punggung dari tim senior di tahun 2024 dan 2030.

Penggawa Timnas U-16 Indonesia saat merayakan gol ke gawang Timnas U-16 Timor Leste dalam babak kualifikasi Piala AFC U-16 2018“Saat ini, kami sedang melakukan kegiatan akreditasi dari berbagai Sekolah Sepak Bola (SSB) di tingkat amatir. Nantinya, setiap SSB yang terafiliasi dengan PSSI akan mampu mencetak pemain-pemain muda berkualitas,” kata Tisha di acara Bedah Timnas Indonesia di Asian Games 2018 & Warisannya Untuk Masa Depan Sepak Bola Kita, 8 Agustus 2018.

“Setelah kegiatan akreditasi itu selesai, kami berharap proses talent scouting untuk timnas senior maupun junior akan melibatkan klub-klub di Liga 1 dan Liga 2. Di tahun 2020 mendatang, setiap klub peserta Liga 1 dan Liga 2 akan kami wajibkan untuk memiliki tim U19 dan U16. Hal ini perlu dilakukan untuk menyeimbangkan kualitas kompetisi dan timnas,” lanjut wanita berusia 32 tahun itu.

Untuk proses akreditasi, Tisha juga membeberkan beberapa faktor yang akan mempengaruhi hasil yang dikeluarkan. Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk memastikan pemain-pemain yang dicetak memiliki kemampuan mumpuni.

“Hal-hal yang akan mempengaruhi hasil akreditasi antara lain adalah adanya pelatih berlisensi, kepemilikan lapangan untuk berlatih dan adanya kelompok-kelompok umur. Hal tersebut wajib dilakukan agar setiap SSB mampu mencetak pemain-pemain berkualitas.”

Get real time updates directly on you device, subscribe now.