Yeyen Berikan Tips Jitu Untuk Pengembangan Pemain Muda

81

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Mantan bek timnas Indonesia, Yeyen Tumena, mengatakan bahwa PSSI harus mulai melebarkan sayapnya ke daerah-daerah terpencil. Menurutnya, masih banyak daerah di Indonesia yang tak tersentuh oleh PSSI.

Menurutnya, dengan pelebaran sayap PSSI, timnas dapat memaksimalkan talenta-talenta yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara. Selain itu, daerah-daerah terpencil juga akan sangat terbantu dengan kehadiran PSSI.

timnas-indonesia-u-19-footbal5star“Negara kita itu sangat luas seperti benua. Dari ujung barat ke ujung timur kalau terbang 10 jam. Nah, sebenernya agak rugi kalo pusat sepak bola cuman ada di Jakarta,” kata Yeyen di acara Bedah Timnas Indonesia di Asian Games 2018 dan Warisannya untuk Masa Depan Sepak Bola Kita yang diselenggarakan pada 8 Agustus 2018.

“Harusnya PSSI lebih melebarkan sayapnya untuk memaksimalkan potensi-potensi yang dimiliki dari daerah-daerah lain,” lanjut Yeyen menambahkan.

Selain itu, kehadiran induk sepak bola Indonesia di daerah-daerah terpencil juga ia nilai dapat membantu pengembangan mental dari talenta-talenta muda. Menurutnya, saat ini mental menjadi masalah utama dari seluruh pemain-pemain di skuat Garuda Muda.

“Pemain kita itu mentalnya bagus kalo main di kampungnya sendiri. Di kampungnya, dia bisa menjadi yang terbaik. Tapi, begitu dibawa ke Jakarta untuk pemusatan latihan, kelemahan mental mereka mulai terlihat. Kehadiran federasi di daerah-daerah bisa membantu pengembangan mental dari banyak bakat muda. Mereka bisa memulai dengan penyuluhan kepada seluruh elemen masyarakat di sana.”

Get real time updates directly on you device, subscribe now.