Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Umuh Muchtar Tuding PSSI Tidak Punya Hati Nurani

240

Football5star.com, Indonesia – Beberapa waktu lalu, kelompok suporter Persib Bandung tersebut membuat koreo yang bertuliskan “Save Rohingya”. Tujuannya adalah untuk menunjukkan simpati terhadap krisis kemanusiaan yang menimpa etnis muslim di Rakhine, Myanmar. Menurut badan sepak bola tertinggi di Indonesia, PSSI, tindakan yang dilakukan bobotoh adalah bentuk intervensi politik. Buntutnya, mereka memberikan sanksi berupa denda kepada Persib Bandung senilai 50 juta rupiah.

Hukuman ini membuat manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, berang. Ia menuding PSSI sudah menutup mata dengan aksi solidaritas yang menurutnya murni karena unsur kemanusiaan. Pengusaha asal Jawa Barat tersebut bahkan menuding PSSI tidak memiliki hati nurani terhadap penderitaan etnis Rohingya.

“Bobotoh kan hanya menunjukkan rasa simpati terhadap masyarakat Rohingya dan penduduk muslim di sana. Masa orang mau memperingatkan hentikan pembantaian dilarang?,” ungkapnya.

Menurut Umuh , tidak ada yang namanya aksi berbau politik dari koreo tersebut. Organisasi pimpinan Edy Rahmayadi dituding hanya mengada-ngada demi mendapatkan keuntungan finansial dari Persib. Komisi Disiplin juga dinilai tidak mengerti apa-apa tentang kepedulian sesama manusia.

“Kenapa ambil keputusan itu? Itu aturan dari mana? Itu sama sekali bukan politik, tapi murni kemanusiaan. Mungkin mereka (komdis) memang tidak peduli jika ada orang yang sengsara. Mereka tidak suka acara solidaritas. Saya jadi curiga jangan-jangan mereka mendukung pembantaian ini,” lanjutnya.

Untuk meladeni sanksi, suporter Persib Bandung kini mengadakan aksi pengumpulan koin untuk PSSI. Selain untuk membayar denda, koin-koin sumbangan tersebut nantinya akan disalurkan untuk membantu masyarakat Rohingya.

Ini bukan pertama kalinya PSSI menjatuhkan denda terhadap aksi kepedulian serupa. Beberapa waktu lalu,mereka juga sempat menjatuhkan denda sebesar 30 juta rupiah kepada Sriwijaya FC yang menampilkan bendera Palestina pada pertandingan melawan Persipura.